Sukses

Final Kelima Piala AFF, Timnas Indonesia Siap Akhiri Kutukan?

Timnas Indonesia hanya bisa mengoleksi predikat empat kali runner-up.

Liputan6.com, Hanoi - Perjuangan keras Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 akhirnya terbayar sudah. Tiket final dalam genggaman Timnas Indonesia setelah sukses menyingkirkan Vietnam di semifinal dengan agregat 4-3. Ini adalah final pertama tim Merah Putih setelah enam tahun.

Bicara sejarah, Timnas Indonesia termasuk tim yang cukup sering tampil di final Piala AFF.  Sebelum Piala AFF 2016, mereka sudah empat kali mencicipi atmosfer final pesta sepak bola Asia Tenggara dua tahunan tersebut.  Sukses itu diukir Timnas Indonesia pada edisi 2000, 2002, 2004, dan 2010.

Sialnya, semua kesempatan itu gagal dimaksimalkan tim Merah Putih untuk meraih gelar juara. Dalam empat kesempatan itu, Timnas Indonesia harus puas dengan hanya menyandang status runner-up. Tak heran jika Timnas Indonesia disebut memiliki kutukan di final Piala AFF 2016.

Namun kini, mereka memiliki kesempatan untuk mengakhiri kutukan tersebut. Tiket final Piala AFF 2016 diamankan Timnas Indonesia setelah memastikan keunggulan agregat 4-3 atas Vietnam pada leg kedua semifinal di My Dinh National Stadium, Rabu (7/12/2016).

Sukses itu diraih Timnas Indonesia dengan kerja keras. Pasalnya, Vietnam mampu memaksa anak asuh Alfred Riedl bermain hingga babak tambahan. Padahal, Timnas Indonesia unggul jumlah pemain dan nyaris mengakhiri pertarungan dalam 90 menit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Pertandingan

Setelah skor 0-0 menghiasi babak pertama, Timnas Indonesia sukses memecahkan kebuntuan lewat gol Stefano Lilipaly di menit ke-54. Lalu, Timnas Indonesia juga unggul jumlah pemain setelah wasit Fu Ming mengeluarkan kartu merah untuk kiper Tran Nguyen Manh di menit ke-76.

Sayang, keunggulan jumlah pemain gagal dimanfaatkan Timnas Indonesia. Lewat situasi bola mati, Vietnam sukses menyamakan skor di menit ke-83. Vu Van Than sukses menyamakan kedudukan setelah tendangan mendatarnya dari luar kotak penalti gagal diantisipasi Kurnia Meiga.

 Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2016 setelah menang agregat 4-3 atas Vietnam. (Twitter/AFF Suzuki)

Semangat juang Vietnam menciptakan drama di masa injury time. Kali ini, giliran Vu Minh Tuan yang menjadi momok Kurnia Meiga. Golnya di masa injury time memaksa laga dilanjutkan hingga babak tambahan.

Timnas Indonesia kemudian mampu tampil gemilang di babak tambahan. Tim Merah Putih mendapatkan hadiah penalti di menit ke-96 setelah Ferdinand Sinaga dilanggar kiper Vietnam. Manahati Lestusen maju sebagai eksekutor. Untungnya, bola yang ditendang Manahati tak mampu digagalkan Que Ngoc Hai.

Gol Manahati menjadi penentu kesuksesan Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF. Kini mereka tinggal menunggu lawan dari hasil pertarungan antara Thailand dan Myanmar.  Sebelum itu, menarik untuk disimak rapor Timnas Indonesia setiap kali tampil di final.

3 dari 3 halaman

Statistik Timnas Indonesia di Final Piala AFF

Piala AFF 2000
Thailand 4-1 Indonesia

Piala AFF  2002
Indonesia 2 (2)-(4) 2 Thailand

Piala AFF 2004
Leg pertama: Indonesia 1-3 Singapura
Leg kedua: Singapura 2-1 Indonesia

Piala AFF 2010
Leg pertama: Malaysia 3-0 Indonesia
Leg kedua: Indonesia 2-1 Malaysia

Piala AFF 2016?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini