Sukses

6 Fakta Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF: Boaz Buas

Timnas Indonesia lolos ke partai final Piala AFF 2016. Boaz Salossa sangat buas ketika melawan Vietnam.

Liputan6.com, Hanoi - Timnas Indonesia lolos ke partai final Piala AFF 2016. Skuat Garuda --julukan Timnas Indonesia-- harus berjuang ekstra keras untuk menyingkirkan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016) pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2016.

Tim besutan Alfred Riedl itu mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-54 melalui sontekan Stefano Lilipaly. Vietnam memaksa pertandingan ke babak tambahan setelah mencetak gol melalui Vu Van Thanh dan Vu Minh Tuan.

Indonesia memastikan tiket final Piala AFF 2016 pada menit ke-96. Skuat Garuda mendapat hadiah tendangan penalti setelah Ferdinan Sinaga dilanggar Que Ngoc Hai. Manahati Lestusen yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Skor imbang 2-2 bertahan hingga pertandingan berjalan selama 120 menit. Timnas Indonesia pun lolos ke partai final setelah unggul agregat 4-3.

Lolosnya Andik Vermansyah dan kawan-kawan menciptakan beberapa fakta menarik. Apa saja itu? Simak di halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Fakta Menarik Timnas Indonesia Lolos ke Final AFF 2016

1. Boaz Salossa

Boaz Salossa tampil sangat buas ketika melawan Vietnam. Dia terlibat dalam tiga gol Indonesia dalam tiga pertandingan melawan Vietnam di ajang Piala AFF. Boaz mencetak dua gol dan menyumbang satu assists ke gawang Vietnam.

2. Manahati Lestusen

Pemain PS TNI, Manahati Lestusen sukses mencetak gol perdananya di Piala AFF. Gol pertamanya itu membuat Timnas Indonesia melangkah ke partai final Piala AFF 2016.

3 dari 6 halaman

Fachrudin Wahyudi

3. Fachrudin Wahyudi

Fachrudin Wahyudi menjadi pemain Timnas Indonesia yang paling tangguh di lini pertahanan. Dalam 120 menit, dia melakukan tujuh intersep, 17 clearances, dan dua tekel sukses.

Dia juga melepaskan 21 umpan, 19 di antaranya mengarah ke pemain Timnas Indonesia. Akurasi umpan Fachrudin, yakni 90 persen. Dia juga berhasil memenangkan enam duel dengan pemain Vietnam.

4 dari 6 halaman

Le Cong Vinh

4. Le Cong Vinh

Le Cong Vinh terlihat sebagai pemain Vietnam paling ngotot di laga melawan Timnas Indonesia. Piala AFF 2016 ini merupakan ajang terakhirnya bersama Vietnam.

Memperkuat Timnas Vietnam sejak 2004, Le Cong Vinh tercatat telah mencetak 51 gol dari 82 penampilan. Dia sudah berhasil mempersembahkan gelar Piala AFF 2008 untuk negaranya.

5 dari 6 halaman

Final Kelima

5. Final Kelima

Berhasil menyingkirkan Vietnam membuat Timnas Indonesia melangkah ke partai final Piala AFF untuk kali kelima. Empat partai final sebelumnya (2000, 2002, 2004, dan 2010), Indonesia gagal menjadi juara.

Skuat Garuda merupakan tim yang paling banyak menjadi runner-up di Piala AFF. Thailand dan Singapura masih menjadi negara yang paling banyak menjuarai Piala AFF, yakni empat kali.

6 dari 6 halaman

Alfred Riedl

6. Alfred Riedl

Ini merupakan partai final Piala AFF ketiga untuk Alfred Riedl. Dalam dua partai final sebelumnya, dia selalu gagal meraih gelar.

Partai final Piala AFF pertama Riedl terjadi pada 1998. Ketika itu dia masih melatih Vietnam dan harus takluk 0-1 dari Singapura. Sedangkan pada 2010, Riedl membawa Timnas Indonesia ke partai final, tapi dia kalah agregat dari Malaysia dengan skor 2-4.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.