Sukses

Didepak Timnas Indonesia, 2 Pemain Vietnam Langsung Pensiun

Liputan6.com, Hanoi - Kekalahan dari Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2016 menjadi hal yang begitu menyakitkan bagi Vietnam. Tak hanya suporter, pelatih Nguyen Huu Thang pun sampai tak kuasa menahan air matanya saat menghadiri sesi konferensi pers usai pertandingan.

Hal itu bisa dimaklumi mengingat Vietnam memiliki peluang besar untuk lolos ke final. Usai kalah 0-1 pada leg pertama semifinal, Vietnam hanya butuh kemenangan 1-0 pada leg kedua di My Dinh National Stadium, Rabu (7/12/2016). Dengan dukungan dari puluhan ribu suporter, Vietnam pun tampil penuh semangat sejak awal.

Sayang, keberuntungan tetap tak menaungi mereka meski sempat memaksa duel berlanjut hingga 120 menit. Penalti Manahati Lestusen di menit ke-97 membuat Timnas Indonesia menyamakan skor menjadi 2-2. Skor itu membuat Vietnam kalah agregat 3-4 dari tim Merah Putih.

Pukulan buat Vietnam tak berhenti sampai di situ. Pasalnya, mereka dipastikan kehilangan pemain andalan mereka yang memutuskan pensiun usai Vietnam tersingkir. Secara tiba-tiba Le Cong Vinh mengumumkan gantung sepatu. Tak hanya dari timnas, tapi juga pensiun sebagai pesepak bola.

"Terima kasih kepada sepak bola yang telah memberikan warna dalam masa kecil saya. Terima kasih kepada fans yang selalu berada di samping saya, baik ketika semuanya bekerja ataupun gagal. Saya selalu berterima kasih kepada kalian," tulis Cong Vinh di akun Facebook-nya.

"Hari ini secara resmi saya mengucapkan selamat tinggal kepada karier ini, sepak bola, timnas, dan juga klub. Sekarang saatnya bagi saya untuk beristirahat. Terima kasih untuk semuanya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Thanh Luong Menyusul



Keputusan Cong Vinh jelas patut dipertanyakan. Padahal, usia Cong Vinh masih 30 tahun. Ia juga belum mengalami penurunan performa. Terlepas dari hal itu, Cong Vinh tercatat sebagai pemain dengan koleksi caps dan gol terbanyak sepanjang sejarah Vietnam. Dari 83 laga, ia mengoleksi 51 gol.

Tak hanya Cong Vinh, ada satu lagi pemain Vietnam yang memutuskan pensiun. Ia adalah Pham Thanh Luong, gelandang berusia 28 tahun. Namun, ia hanya memutuskan gantung sepatu dari tugasnya bersama Vietnam. Ia masih akan melanjutkan kariernya di klub Hanoi T&T.

Saat melawan Timnas Indonesia di My Dinh, Thanh Luong menjadi salah satu pemain Vietnam yang tampil memuaskan. Ia juga menjadi kreator di balik gol Vu Van Thanh di menit ke-83.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.