Sukses

Soal Pelemparan Timnas Indonesia, Ada Kesalahan Prosedur Keamanan

Insiden pelemparan batu terjadi saat timnas Indonesia meninggalkan Stadion My Dinh

Liputan6.com, Hanoi - Sekjen Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) Le Hoai Anh secara khusus menyampaikan permintaan maaf kepada timnas Indonesia. Ini terkait insiden pelemparan batu kepada bus tim Indonesia, usai pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2016 di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12) malam.

Menurut Hoai Anh, peristiwa memalukan ini terjadi lantaran adanya kesalahan prosedur yang dilakukan pihak kepolisian. "Mungkin polisi punya rencana keamanan mereka sendiri dengan berada di tempat yang dianggap rawan. Tapi mereka tidak mengantisipasi insiden semacam ini," jelas Hoai Anh seperti dikutip Fox Sports Asia, Kamis (8/12/2016).

Insiden pelemparan batu berawal saat timnas Indonesia meninggalkan Stadion My Dinh setelah menahan imbang Vietnam dengan skor 2-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2016. Menurut beberapa laporan media lokal, tuan rumah sepertinya mengabaikan standar tentang keamanan tim di turnamen besar.

Pasalnya, kepolisian yang melakukan pengawalan hanya berada di depan dan belakang bus. Sehingga, dengan leluasa oknum suporter melempar batu pada bagian sisi bus (kiri dan kanan) yang menyebabkan beberapa orang terluka.

Berapa staf pelatih timnas Indonesia menjadi korban terkena lemparan batu. Termasuk Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, yang juga tak luput dari sasaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Khusus

VFF pun mengeluarkan pernyataan khusus tentang insiden ini. "Walau tidak ada korban cedera serius akibat insiden ini, kejadian yang dilakukan oknum suporter tidak bertanggung jawab telah menumbuhkan citra negatif, serta tidak sesuai dengan spirit olahraga dan fair play yang berusaha dibangun fans Vietnam," demikian pernyataan VFF.
Selebrasi pemain Indonesia usai lolos ke final Piala AFF 2016. (AFP/Hoang Dinh Nam)
Sekadar informasi, timnas Indonesia rencananya akan bertolak ke Jakarta pada hari ini. Agar insiden tersebut tak terulang, VFF akan berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk melakukan pengawalan kepada timnas Merah Putih saat mereka meninggalkan hotel.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.