Sukses

Bintang Plontos Persib Bangga dengan Torehan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia menunggu lawan di final, Thailand atau Myanmar.

Liputan6.com, Bandung - Striker naturalisasi yang kini tengah membela Persib Bandung, Sergio van Dijk mengaku bangga dengan torehan prestasi timnas Indonesia di Piala AFF 2016 setelah berhasil lolos kebabak final. Menurut dia, perjuangan yang ditunjukan Boaz Solossa dan kawan-kawan terutama saat menghadapi Vietnam di semifinal membuat hati rakyat Indonesia bergetar.

Sukses ini juga jadi pembuktian bagi Indonesia. Pasalnya, keikutsertaan skuat Garuda pada ajang Piala AFF kali ini memang dipandang sebelah mata, faktornya sanksi yang dijatuhkan FIFA akibat kisruh antara PSSI dan Kemenpora membuat Indonesia tidak boleh mengikut  pertandingan internasional lebih dari satu tahun.

"Pertandingan bagus sekali. Saya belum pernah lihat pertandingan seperti itu, apalagi babak kedua, banyak semangat dan Timnas bertahan banyak, tapi akhirnya dapat hasilnya, itu bagus sekali," ujarnya.

Van Dijk menyebut, pertandingan melawan Vietnam sangat berat karena Vietnam lebih bermain fisik. "Kekurangan Vietnam kemarin, di depan gawang, Vietnam tidak banyak pemain untuk finisihing touch," ujar Van Dijk.

Padahal, kata Van Dijk, pressing mereka luar biasa. "Saya sudah dengar dari teman-teman, latihan mereka dua kali sekali. Beda dengan kamu lihat di Indonesia, satu kali latihan. Jadi hasil kemarin bagus sekali," kata dia di Bandung, Kamis (8/12/2016).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang Juara Terbuka

Disinggung soal calon lawan Indonesia di final nanti, Sergio menuturkan siapapun lawan yang bakal dihadapi baik Thailand maupun Myanmar, peluang untuk juara tetap terbuka. Indonesia setidaknya, bisa memanfaatkan kesempatan saat tampil di kandang.

"Mungkin satu kali bisa kalau bertahan terus (ketika tandang) dan bisa menang tapi untuk dua kali bikin sama, itu sulit sekali (mengulangi laga seperti melawan Vietnam). Yang penting sekarang sudah ke final. Mudah-mudahan coach ada taktik yang bagus," kata dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.