Sukses

Penuh Kejutan, Timnas Indonesia Bikin Thailand Ketar-ketir

Timnas Indonesia kalah dalam rekor pertemuan dengan Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Piala AFF 2016 menjadi momen buat Timnas Indonesia dan Thailand. Pasalnya, Tim Merah Putih dan The War Elephants akan kembali mengadu kekuatan di laga final setelah sebelumnya bertemu di penyisihan Grup A.

Duel pada laga perdana Grup A adalah pertemuan pertama Thailand dan Timnas Indonesia setelah enam tahun. Sebelumnya, pertemuan terakhir mereka terjadi pada fase grup Piala AFF 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Di laga itu, Timnas Indonesia menang 2-1. Gol Suree Sukha di menit ke-68 dibalas Bambang Pamungkas pada menit ke-82 dan ke-90+1.

"Kami belum pernah bertemu mereka sebelum di fase grup. Kami menang, tapi tak mudah bagi kami semua untuk meraihnya," kata Ketua Umum PSSI Thailand, Somyot Poompanmoung, seperti dikutip Siam Sport.

Saat bertemu di fase grup, Thailand memang terlihat masih meraba-raba permainan Timnas Indonesia. Skor akhir memang menunjukkan kemenangan 4-2 buat Thailand. Namun, Thailand juga sempat ketar-ketir ketika Timnas Indonesia menyamakan skor menjadi 2-2.

Terlebih, Timnas Indonesia sudah menunjukkan semangat juang hebat sepanjang Piala AFF 2016. Usai kalah dari Thailand, anak asuh Alfred Riedl memaksa tuan rumah Filipina bermain 2-2. Lalu, mereka menang 2-1 atas Singapura di laga pamungkas Grup A.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Optimistis

Kejutan Timnas Indonesia tak berhenti sampai di situ. Menghadapi Vietnam pada leg perdana semifinal di Stadion Pakansari, Boaz Solossa dan kawan-kawan mengukir kemenangan 2-1. Bahkan, Riedl pun menyebut Timnas Indonesia dinaungi keberuntungan bisa menang 2-1 atas Vietnam.

Hebatnya, keajaiban kembali diciptakan Timnas Indonesia kala bertandang ke markas Vietnam pada leg kedua semifinal. Ditekan sejak awal permainan, Timnas Indonesia berhak lolos ke final setelah mengakhiri laga 120 menit dengan skor 2-2. Timnas Indonesia lolos dengan keunggulan agregat 4-3.

"Kini, kami akan kembali bertemu mereka. Saya tak ingin menganggapnya remeh. Kami akan mengandalkan semangat hebat kami sebagai sebuah tim. Saya percaya kami akan melewatinya dengan baik," tutur Somyot.

Thailand sendiri akan bertolak ke Indonesia pada 11 Desember 2016. Mereka memiliki waktu dua hari untuk mempersiapkan diri sebelum berlaga di Stadion Pakansari pada leg pertama final, Rabu (14/12/2016). Lalu, Thailand akan gantian menjamu Timnas Indonesia di Rajamangala Stadium, 17 Desember 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.