Sukses

Timnas Indonesia Terus Racik Strategi Lawan Thailand

Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl mencoba strategi tiga bek untuk menghadapi Thailand di leg pertama Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Tangerang - Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl terus meracik strategi untuk melawan Timnas Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, 14 Desember nanti. Dalam latihan di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Minggu (11/12/2016) pagi, pelatih asal Austria itu mencoba formasi tiga bek.

Riedl mencoba menurunkan Manahati Lestusen, Fachruddin Arianto, dan Hasamu Yama Pratama. Kondisi ini berbeda dengan pertandingan sebelumnya yang mengandalkan empat bek. Sementara itu, Abdul Lestaluhu dan Beny Wahyudi sedikit didorong ke atas bersama Bayu Pradana dan Stefano Lilipaly.

Di depan keempat pemain tengah, ada Rizky Pora dan Andik Vermansyah yang beroprerasi di sisi sayap. Sementara untuk ujung tombak, Riedl kembali mengandalkan Boaz Solossa.

Susunan pemain ini sama seperti saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada leg kedua semifinal di Hanoi, 7 Desember lalu. Saat itu, skuat Garuda menahan imbang tuan rumah 2-2.

Latihan ini memperagakan pertandingan sesungguhnya melawan Thailand. Meski bermain lebih ke tengah, Beny dan Abduh yang bermain di sisi kiri dan kanan langsung turun dengan cepat untuk membantu pertahanan. Tapi saat menyerang, kedua pemain ini tidak segan naik ke depan.

"Saat ini kami terus berusaha mencari pemain inti dan formasi yang tepat untuk menghadapi Thailand. Saya terus mencoba untuk mencari yang tepat," kata pelatih Alfred Riedl usai memimpin latihan seperti dinukil dari Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tendangan Langsung

Dalam latihan ini, Riedl juga memberikan materi khusus kepada Boaz dan Lilipaly. Beberapa kali dua pemain ini mendapatkan pengarahan langsung dari Riedl.

Selain mencari pemain inti dan formasi yang tepat ini, Riedl juga memberikan porsi latihan tendangan langsung ke gawang dari luar kotak pinalti. Semua pemain pada latihan ini diberikan porsi sama, termasuk yang selama ini berada di bangku cadangan.

"Yang dihadapi saat ini adalah pertandingan final. Jadi kami harus mempersiapkan diri dengan baik. Apalagi kita menjadi tuan rumah. Kami akan memaksimalkan semua pemain yang ada," ucap mantan pelatih timnas Vietnam itu.

Usai laga kandang, Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand di Bangkok. Leg kedua final akan berlangsung di Stadion Rajamangala pada 17 Desember mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.