Sukses

Rebut Ballon d'Or, Ronaldo Diselamati Legenda Barcelona

Ronaldo memenangkan gelar Liga Champions dan Piala Eropa sepanjang 2016.

Liputan6.com, Jakarta Untuk kali keempat Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai peraih Ballon d'Or. Untuk edisi 2016, mesin gol Real Madrid itu memenangkan persaingan yang melibatkan penyerang Barcelona, Lionel Messi, dan striker Atletico Madrid, Antoine Griezmann.

Kemenangan Ronaldo memang sudah diprediksi banyak pihak. Itu karena Ronaldo melewati tahun yang sensasional sepanjang 2016. Prestasi pertamanya adalah ketika membawa Madrid menjuarai Liga Champions 2015/2016.

Peran Ronaldo begitu terlihat di balik sukses Madrid tersebut. Ia menyumbang 16 gol hingga dinobatkan sebagai top scorer. Namun, mempersembahkan gelar ke-11 Liga Champions untuk Madrid bukan satu-satunya prestasi Ronaldo di musim 2016.

Setelah itu, ia juga membawa Timnas Portugal meraih gelar Piala Eropa untuk kali pertama. Meski hanya bermain sebentar di laga final melawan Prancis, tetap saja kontribusi Ronaldo sepanjang turnamen yang menjadi sorotan.

Karenanya, tak ada yang melayangkan protes saat Ronaldo dinobatkan sebagai peraih Ballon d'Or 2016. Bahkan, pujian juga datang dari Ronaldinho yang notabene legenda Barca. Ia menunggah foto Ronaldo dengan trofi Ballon d'Or di akun Twitter-nya.

"Selamat, temanku @cristiano, lebih dari layak. Prestasi mengesankan bersama klub dan timnas sepanjang tahun adalah jalan Anda menuju kesuksesan," tulis di akun @10Ronaldinho.



Sepanjang musim lalu, pemain berusia 31 tahun itu mengemas 51 gol dari 48 laga di semua kompetisi. Di musim 2016/2017, ia mengoleksi 10 gol dan Madrid tengah memuncaki klasemen La Liga dengan keunggulan enam poin dari Barca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini