Sukses

10 Fakta Menarik Laga Timnas Indonesia Vs Thailand

Timnas Indonesia lolos ke final hanya dengan dua kemenangan saja dalam lima pertandingan.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal kedatangan tamu menakutkan dalam final leg pertama Piala AFF 2016. Mereka adalah Thailand, tim yang selalu menjadi batu sandungang bagi Skuat Garuda di Stadion Pakansari, Cibinong (14/12/2016).

Skuat Garuda tentu berhasrat meraih modal berharga di Cibinong sebelum tandang ke Bangkok, 17 Desember mendatang. Ini penting, untuk menentukan langkah timnas Indonesia menjadi juara.

Peluang timnas Indonesia menang tentu saja terbuka. Selain karena di markas sendiri, Pasukan Garuda pernah meraih kemenangan di Indonesia, yakni pada 2010 silam.

Sedangkan, Thailand, bukanlah tim sembarangan. Mereka juga belum tersentuh kekalahan, bahkan hasil imbang selama Piala AFF 2016.

Bahkan, dalam lima laga, gawang mereka hanya kebobolan dua kali. Dan, uniknya, dua gol itu dicetak timnas Indonesia saat laga pertama fase grup yang berkesudahan 4-2 untuk Thailand.

Itu hanya sebagian saja fakta yang menarik. Untuk itu, Liputan6.com mencoba menyimpulkan 10 fakta lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1-5

1. Skuat Garuda lolos ke final hanya dengan dua kemenangan saja dalam lima pertandingan.

2. Hanya Indonesia yang mampu bobol gawang Thailand di Piala AFF 2016. Namun INdonesia dan Myanmar menjadi tim yang dibobol empat gol oleh Thailand.
Pemain Timnas Indonesia melakukan adu body saat latihan resmi final pertama Piala AFF 2016 di  Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (13/12). Indonesia akan menjamu Thailand di final leg pertama Piala  AFF 2016, Rabu (14/12). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
3. Indonesia berhasil memenangkan laga terakhir di Tanah Air atas Thailand. Ini terjadi pada Piala AFF 2010 lalu lewat dua gol Bambang Pamungkas.

4. Dalam 9 laga di Piala AFF melawan Thailand, Indonesia hanya sekali gagal mencetak gol, yakni pada edisi 2008 lalu.

5. Indonesia dominan mencetak gol pada 15 menit usai jeda. Tercatat empat dari 10 gol Indonesia diciptakan pada menit 45-60.

3 dari 3 halaman

6-10

6. Sedangkan Thailand sangat berbahaya di 15 menit terakhir. Dari 12 gol yang mereka ciptakan, enam di antaranya dicetak pada menit 75-90.

7. Teerasil Dangda kemungkinan besar bakal jadi momok bagi timnas Indonesia. Mantan striker Almeria ini memang cukup mengerikan. Dia bahkan sudah akrab dengan gawang Indonesia, dengan menjebolnya sebanyak empat kali.
Pemain Timnas Thailand berlari melakukan permainan saat latihan resmi di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (13/12). Thailand akan melakoni laga tandang final Piala AFF 2016 melawan Indonesia, Rabu (14/12). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
8. Rizky Pora akan beradu cerdas dengan Theeratorn Boonmatan. Sebab, kedua pemain ini sama-sama sudah memberikan tiga assists untuk timnasnya.

9. Thailand sendiri belum tersentuh kekalahan dalam delapan pertadingan berturut-turut. Hanya Australia yang sanggup menahan imbang 2-2 pasukan Kiatisuk Senamuang ini.

10. Indonesia vs Thailand pernah dikotori dengan aksi sepak bola gajah. Hal ini setelah Mursyid Efendi melakukan bunuh diri di Piala AFF 1998. Guna menghindari tuan rumah, Vietnam di semifinal Indonesia dan Thailand yang dipastikan sudah lolos seakan menolak menang.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini