Sukses

Kado Manis dari Gonzalez

Gol tunggal Christian Gonzalez mengantarkan kemenangan 1-0 (0-0) bagi Persib Bandung saat menjamu Arema Malang. Kado manis bagi Maung Bandung yang merayakan ulang tahunnya yang ke-77.

Liputan6.com, Bandung: Persib Bandung membuktikan ambisinya untuk meraih tiga poin saat menjamu pucuk pimpinan klasemen Indonesia Super League (ISL) Arema Malang di Stadion Si Jalak Harupat, Kab, Bandung, Minggu (14/3). Maung Bandung unggul 1-0 (0-0) atas Singo Edan berkat gol tunggal yang dicetak Christian Gonzalez di menit ke-65. Kemenangan yang menjadi kado manis bagi Persib yang tengah merayakan ulang tahunnya yang ke-77.

Dengan kemenangan untuk ke-12 kalinya itu, Persib kembali bertengger di peringkat empat besar dengan jumlah 39 poin hasil dari 22 partai menggeser Sriwijaya FC yang mengumpulkan 37 angka hasil dari 23 laga. Sementara, kekalahan kali kelima tersebut tidak membuat posisi Arema tergeser di puncak klasemen. Singo Edan masih unggul lima angka dari rival terdekatnya Persiba Balikpapan.

Persib yang didukung pendukung fanatiknya yang meluber sampai bangku cadangan tampil agresif sejak kick-off babak pertama dibunyikan wasit Jimmy Napitupulu. Baru 35 detik gawang Kurnia Mega nyaris jebol oleh sontekan El Loco, julukan Gonzalez. Berawal dari kesalahan Pierre Njanka yang gagal mengontrol bola dan diserobot El Loco. Sayang, tendangan Gonzalez tidak sempurna dan hanya membentur tiang kiri gawang Arema.

Kurang dari dua menit winger Arema, Dendy Santoso diganjar kartu kuning akibat pelanggaran kerasnya terhadap Gilang Angga. Kartu kuning tercepat sepanjang ISL. Dalam interval lima menit Persib mendapat dua peluang lewat Hilton Moreira. Memasuki menit ke-18, Arema mulai dapat mengimbangi permainan Eka Ramdhani dkk ketika umpan jauh dari tengah lapangan nyaris gagal diantisipasi Markus Horison.

Sejak itu permainan berjalan cukup seimbang. Kedua tim sama-sama mendapat peluang. Persib mendapat peluang emas di menit ke-36 ketika tendangan Hilton yang berhadapan satu lawan satu dengan Kurnia dapat diamankan bek Arema, Zulkifli Sukur di garis gawang. Tiga menit kemudian giliran kiper Persib, Markus yang melakukan penyelamatan dengan menepis tendangan bebas Roman Chemelo. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Tiga menit setelah babak kedua dimulai, kembali Markus melakukan save dengan menyerobot umpan Alamsyah yang diberikan kepada Roman. Di menit ke-51, Markus lagi-lagi melakukan penyelamatan dengan menepis sundulan Roman memanfaatkan umpan silang Muhammad Ridhuan. Empat menit kemudian, Hilton kembali mendapat peluang emas. Mendapat sodoran dari Gonzalez, sontekan Hilton membentur kaki Kurnia.

Melihat belum jebolnya gawang lawan, pelatih Persib Jaya Hartono memasukkan striker ketiga Budi Sudarsono. Permainan Maung Bandung kian tajam. Hasilnya, di menit ke-65, sundulan Gonzalez berhasil menjebol gawang Arema. Bermula dari corner Eka Ramdhani, bola disundul Nova Arianto yang ditepis kiper Kurnia. Bola mengenai mistar dan berbalik arah. Bola rebound langsung disambar Gonzalez. 1-0 untuk Persib.

Dalam 20 menit terakhir, Arema mencoba mengejar ketertinggalan. Kiper Markus kembali tampil gemilang dengan menghalau sepakan Ridhuan. Di pengujung laga, tendangan bebas Noh Alam Shah hanya membentur tiang gawang. Selamatlah gawang Persib. Skor 1-0 bertahan sampai peluit akhir berbunyi.

Sementara itu, PSM Makassar berhasil mengalahkan tamunya Persebaya Surabaya 2-0. Pada babak pertama PSM sempat kesulitan menembus pertahanan lawan. Pada babak kedua kubu tuan rumah menaikkan tempo permainan. Di menit ke-51 sebuah pelanggaran dilakukan pemain Persebaya di kotak terlarang. Osvaldo Moreno yang menjadi algojo tak mau membuang peluang emas ini untuk membawa PSM unggul 1-0.
 
Tujuh menit kemudian PSM menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat tandukan Joe Ki Hwan. Hingga pertandingan usai skor tetap tak berubah. Kemenangan ini sekaligus membawa PSM untuk sementara keluar dari zona degradasi.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.