Sukses

Babak I Final AFF: Timnas Indonesia Tertinggal dari Thailand

Gol Thailand ke gawang Timnas Indonesia dicetak Teerasil Dangda.

Liputan6.com, Bogor - Timnas Indonesia harus mengakhiri babak pertama pada leg pertama final Piala AFF 2016 melawan Thailand di Stadon Pakansari, Rabu (14/12/2016), dengan kepala tertunduk. Pasalnya, Timnas Indonesia dalam posisi tertinggal 0-1.

Di laga ini, Riedl menurunkan komposisi pemain yang mirip seperti saat memastikan keunggulan agregat 4-3 atas Vietnam di semifinal. Kombinasi permainan Boaz Solossa, Andik Vermansyah, dan Stefano Lilipaly menjadi andalan Timnas Indonesia.

Begitu juga dengan Thailand yang mengandalkan ketajaman Teerasil Dangda dan Sarawut Masuk untuk menjebol gawang Timnas Indonesia kawalan Kurnia Meiga. Namun, kedua tim terlihat masih berhati-hati di menit-menit awal permainan.

Memasuki menit ketujuh, Thailand baru melakukan percobaan pertamanya. Tristan Do melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang masih jauh dari sasaran. Semenit kemudian, ancaman serius mulai diberikan Thailand. Untungnya, sepakan mendatar Chanathip Songkrasin masih melenceng di sisi kanan gawang Timnas Indonesia.

Memasuki menit ke-10, Andik terlihat meringis kesakitan setelah berduel dengan Kroekrit Thaweekarn. Menanggapi situasi itu, Riedl sampai mulai menyiapkan Zulham Zamrun di bangku cadangan. Untungnya, Andik bisa melanjutkan pertandingan setelah mendapatkan perawatan.

Menit ke-14, ancaman kembali menyerang gawang Timnas Indonesia. Kali ini upaya anak asuh Kiatisuk Senamuang dilakukan lewat Serawut Masuk. Untungnya, sepakan Masuk masih melambung jauh di atas gawang Kurnia Meiga.

Tak lama setelah itu, Lilipaly sempat menunjukkan kualitas individunya. Pergerakan lincahnya mampu menipu dua pemain Thailand. Sayang, ia terlalu terburu-buru saat melepaskan tendangan keras yang tak terarah dari luar kotak penalti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petaka Timnas Indonesia

Memasuki menit ke-20, petaka besar menimpa Timnas Indonesia. Andik dipastikan harus ditarik keluar setelah kembali meringis kesakitan. Pemain yang menggantikannya adalah Zulham Zamrun.

Enam menit kemudian, percobaan dilakukan Boaz dan kawan-kawan. Berawal dari tendangan Lilipaly, bola liar yang membentur bek Thailand sempat diterima Rizki Pora. Sialnya, winger Barito Putera itu sudah dalam posisi offside.

Di menit ke-33, Thailand akhirnya mampu membuka keunggulan. Theerathon Bunmathan melepaskan umpan silang cantik dari sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia. Umpan itu sukses dimaksimalkan Teerasil untuk menjebol gawang Kurnia Meiga.

Setelah memecahkan kebuntuan, Thailand nyaris sukses menggandakan keunggulan di menit ke-40. Umpan silang matang yang dilepaskan Serawut Masuk diterima Chanatip dengan baik. Ia pun melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti. Untungnya, Kurnia Meiga dalam posisi yang tepat untuk menangkap bola.

Keunggulan 1-0 Thailand bertahan hingga pertandingan di babak pertama berakhir. Masih ada 45 menit waktu normal yang bisa dimaksimalkan Timnas Indonesia untuk membalikkan keadaan.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia: Kurnia Meiga; Hansamu Yama Pranata, Fachruddin Aryanto, Benny Wahyudi, Muhammad Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Rizki Pora, Andik Vermansyah (Zulham Zamrun 20), Boaz Solossa

Thailand: Kawin Thamsatchanan; Theerathon Bunmathan, Kroekrit Thaweekarn, Adusib Promrak, Sarach Yooyen, Teerasil Dangda, Sarawut Masuk, Koravit Namwiset, Chanathip Songkrasin, Tristan Do, Pokklaw Anan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.