Sukses

6 Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia Atas Thailand

Liputan6.com, Bogor - Timnas Indonesia meraup modal besar untuk meraih gelar juara perdananya di Piala AFF 2016. Itu setelah mereka mengukir kemenangan 2-1 atas Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Rabu (14/12/2016).

Kemenangan itu sangat berharga bagi Timnas Indonesia. Butuh perjuangan dan kerja keras karena tim asuhan Alfred Riedl sempat tertinggal lebih dulu. Ya, Thailand sukses membuka keunggulan lewat sundulan Teerasil Dangda di menit ke-33.

Untungnya, Timnas Indonesia mendapatkan momentum bagus di babak kedua. Hanya dalam lima menit, mereka sanggup membalikkan keadaan. Pertama, mereka sukses menyamakan skor lewat kecerdikan Rizki Pora yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti di menit ke-65.

Lima menit kemudian, giliran Hansamu Yama Pranata yang membuat puluhan ribu suporter di Stadion Pakansari bergemuruh. Ia sukses memaksimalkan umpan sepak pojok yang dilakukan Rizki Pora. Keunggulan 2-1 Timnas Indonesia bertahan hingga pertandingan berakhir.

Dengan kemenangan itu, tugas Timnas Indonesia saat gantian melawat ke markas Thailand pada leg kedua di Rajamangala Stadium, Sabtu (17/12/2016). Untuk juara, Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang pada leg kedua.

1 dari 5 halaman

Mirip Semifinal

Situasi ini mirip dengan yang dialami Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam. Kala itu, Timnas Indonesia juga mengukir kemenangan 2-1 pada leg pertama semifinal di Stadion Pakansari.

Bek Indonesia, Benny Wahyudi, mengawal ketat pemain Thailand di laga final pertama Piala AFF di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016).(Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Saat gantian bertandang ke markas Vietnam pada leg kedua semifinal di My Dinh National Stadium, Timnas Indonesia sempat kewalahan meski unggul jumlah pemain di sebagian besar permainan. Untungnya, gol Manahati Lestusen di babak perpanjangan waktu memastikan kelolosan Timnas Indonesia ke final.

Tentu, masyarakat berharap Boaz Solossa dan kawan-kawan bisa mengulangi skenario tersebut. Jika mampu menahan gempuran Thailand pada leg kedua, kutukan Timnas Indonesia yang selalu kalah di final Piala AFF bisa diakhiri.

Terlepas dari hal tersebut, banyak fakta menarik yang tersirat dalam kemenangan Timnas Indonesia atas Thailand. Berikut enam fakta menarik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

2 dari 5 halaman

6 Fakta Menarik

1. Gol Rizki Pora ke gawang Thailand menjadi gol pertama Indonesia yang tercipta dari luar kotak penalti di Piala AFF 2016. Sebelumnya, Timnas Indonesia selalu mendapatkan gol dari dalam kotak penalti.

Hansamu Yama dan Rizky Pora merayakan gol saat melawan Thailand pada laga Final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, (14/12/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

2. Teerasil terus memperkokoh posisinya di puncak daftar Top Scorer Piala AFF 2016 yang kini telah mengoleksi enam gol. Empat gol di antaranya tercipta ke gawang Kurnia Meiga. Tiga gol sebelumnya didapat saat bertemu Timnas Indonesia di laga perdana Grup A.

3 dari 5 halaman

3-4

3. Timnas Indonesia mempertahankan statusnya sebagai tim yang mampu mencetak gol ke gawang Thailand di Piala AFF 2016. Mereka juga menjadi tim yang mampu memberikan kekalahan perdana bagi Thailand di Piala AFF 2016.

Aksi Rizky Ripora saat menghadapi Thailand (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

4. Timnas Indonesia menjadi tim yang paling rentan kebobolan di Piala AFF 2016. Mereka selalu kebobolan di setiap pertandingan. Dari enam laga, gawang Kurnia Meiga sudah kebobolan 10 gol.

4 dari 5 halaman

5-6

5. Kurnia Meiga dan Abduh Lestaluhu masih menjadi pemain Timnas Indonesia yang selalu bermain penuh sejak Piala AFF 2016 bergulir. Berbeda dengan pemain lain yang kerap dicadangkan atau ditarik keluar saat laga masih berlangsung.

6. Di enam final Piala AFF terakhir, tim yang menang pada leg pertama selalu tampil sebagai juara. Catatan itu diukir Thailand (2014, 2012), Malaysia (2010), Vietnam (2004), dan Singapura (2004, 2002).

Artikel Selanjutnya
Persija Ambil Hikmah Usai 3 Pemain Dipanggil Timnas
Artikel Selanjutnya
Bos Persija Ungkap Faktor Kebangkitan di Liga 1