Sukses

Statistik Lengkap Indonesia Tekuk Thailand di Final Piala AFF

Sempat tertinggal, Indonesia berhasil mengalahkan Thailand di leg pertama final Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akhirnya berhasil memetik kemenangan di leg pertama final Piala AFF 2016 melawan Thailand. Tampil di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Tim Merah Putih mampu mengalahkan tim favorit Thailand dengan skor tipis 2-1, Rabu malam (14/12/2016).

Tampil di depan publik sendiri, Indonesia sebenarnya sempat grogi di babak pertama. Thailand yang belum terkalahkan sepanjang Piala AFF 2016, tampil mendominasi. Twitter resmi AFF menilai tim Gajah Perang unggul ball possesion 52:48 atas Indonesia. Sementara analis statistik sepak bola asal Indonesia, Labbola, justru memberi angka yang lebih besar, yakni 60-40 untuk keunggulan tim tamu, Thailand.

Di babak pertama, Thailand sempat memimpin 1-0 lewat gol Teerasil Dangda pada menit ke-33. Namun di babak kedua, permainan berubah drastis. Indonesia yang tampil di depan puluhan ribu pendukungnya berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan pada menit ke-65. Bek lincah Tim Merah Putih, Rizky Pora yang maju membantu serangan berhasil menjebol gawang Thailand lewat tendangan jarak jauh.

Gol penyeimbang ini mampu membakar semangat pemain lainnya. Hanya berselang lima menit, giliran Hansamu Yama Pratama yang berhasil menjebol gawang lawan sekaligus membawa Indonesia berbalik unggul 2-1. Skor ini bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Meski demikian, secara keseluruhan, statistik keseluruhan masih milik Thailand. Pasukan Kiatisuk Senamuang masih unggul ball possesion 55:45 atas Indonesia. Sepanjang laga, Thailand juga melepaskan lebih banyak tendangan ke gawang, yakni delapan kali. Dua di antaranya mengarah ke gawang Kurnia Meiga dan satu berbuah gol. Sementara Indonesia melepaskan enam kali tembakan dan tiga mengarah ke gawang.

Seperti apa statistik secara keseluruhan, simak selengkapnya di halaman kedua:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Statistik Lengkap Indonesia Vs Thailand

Versi Situs AFF Suzuki Cup 2016

Indonesia Vs Thailand
6 Total Tendangan 8
3 Tendangan ke Gawang 2
3 Tendangan Penjuru 8
14 Pelanggaran 13
4 Offside 2
0 KK 0
0 KM 0

Versi Labbola:
9 Total Tendangan 8
4 Tendangan ke Gawang 3
3 Tendangan Penjuru 8
15 Pelanggaran 8
4 Offside 2
0 KK 0
0 KM 0

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini