Sukses

Gaya Jokowi Nonton Timnas Indonesia Lewat Laptop

Timnas Indonesia menang 2-1 Thailand pada leg perdana laga final.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tak bisa menyaksikan langsung perjuangan Timnas Indonesia menghadapi Thailand pada final Piala AFF di Stadion Pakansari, Rabu (14/12/2016). Namun begitu, bukan berarti beliau melupakan perjuangan Boaz Sollosa dan kawan-kawan.

Timnas Indonesia menang 2-1 Thailand pada leg perdana laga final. Sempat tertinggal di babak pertama, Skuat Garuda bangkit di babak kedua lewat gol Rizky Pora dan Hansamu Yama.

Jokowi sebelumnya sempat hadir saat leg pertama babak semfinal melawan Vietnam. Namun, kali ini politisi PDIP Perjuangan itu berhalangan karena sedang kunjungan kerja ke luar negeri. Alhasil, Jokowi hanya bisa menyaksikan aksi Timnas lewat live streaming di laptop.

"Selamat...selamat...selamat.. Untuk Tim Nasional Indonesia -Jkw," tulis Jokowi di akun Twitter miliknya.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia hanya membutuhkan hasil seri pada leg kedua untuk keluar sebagai juara. Tim Merah Putih akan tandang ke Rajamangala Stadium, Thailand, Sabtu (17/12/2016).
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyaksikan Timnas Indonesia lewat laptop (Twitter)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nobar di Kampung Jokowi

Sementara itu, ribuan orang hadir dalam acara nonton bareng (nobar), di kampung Presiden Jokowi, Solo. Acara nobar ini digelar di Pendhapi Gede Balaikota Solo. Untuk menampung luberan massa, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyediakan tiga layar besar di lokasi nobar.

P‎antauan Liputan6.com, ribuan orang mulai berdatangan ke Balaikota Solo sejak pukul 18.00 WIB untuk menyaksikan nobar yang diselenggarakan Pemkot Solo dan Pasoepati. Tak hanya memadatangi ruang Pendhapi Gede Balaikota, mereka juga terlihat memadati lapangan depan balai kota.

Banyak penonton nobar terlihat mengenakan pakaian seragam Timnas Merah Putih. Selain itu, mereka juga meneriakkan yel-yel dukungan selama pertandingan berlangsung. Bahkan, mereka terlihat melompat-lompat saat Rizky Pora dan Hansamu berhasil menjebol gawang lawan.

3 dari 3 halaman

Rizky Pora Jadi Bintang

Dalam laga melawan Thailand sendiri, Rizky Pora  memang tampil gemilang. Pemain yang gaya mainnya mirip legenda Manchester United Ryan Giggs tersebut menyumbangkan satu gol dan satu assist.

Menit 65, Rizky membuka peluang Timnas Indonesia lewat aksi individunya. Diawali dengan menggocek satu pemain Thailand, pemain Barito Putera itu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Bola tendangan Rizky memang sedikit membentur tubuh pemain Thailand. Akibatnya, kiper Kawin Thamsatchanan seperti tak menyangka bola tendangan Rizki bakal berubah menjadi gol. Gol itu membuat Timnas Indonesia semakin termotivasi.

Selang lima menit, Rizky kembali menunjukkan sihirnya. Diawali dari tendangan pojok, Rizky melepas umpan akurat yang kemudian ditanduk Hansamu Yama. Skor jadi 2-1 untuk Timnas Indonesia dan kedudukan ini bertahan hingga laga usai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini