Sukses

Rapor Pemain Timnas Indonesia Usai Tekuk Thailand di Final AFF

Liputan6.com, Bogor - Timnas Indonesia sukses mengambil modal berharga di partai final Piala AFF 2016 lawan Thailand, Rabu (14/12/2016). Sempat dibobol lebih dahulu, Skuat Garuda bangkit dan berbalik unggul lewat gol Rizky Pora dan Hansamu Yama. Indonesia pun menang 2-1.

Di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, timnas Indonesia memang tampil tak kenal lelah dalam laga ini. Padahal, sepanjang pertandingan, mereka banyak ditekan oleh The War Elephants. Namun, mental berbicara dalam laga ini.

Kemenangan ini membuat mimpi Indonesia menjadi juara untuk pertama kalinya di Piala AFF semakin dekat. Di laga kedua, di Bangkok, 17 Desember mendatang, Indonesia hanya perlu main imbang untuk memastikan diri menjadi juara.

Kalah di laga kedua pun, Indonesia sebenarnya masih bisa juara. Syaratnya, Boaz Solossa dan kawan-kawan harus bisa mencetak lebih dari satu gol ke gawang Thailand.

Lantas, siapa pemain terbaik di laga Indonesia vs Thailand?

Rizky Pora mungkin salah satunya. Tak hanya membuat gol penyama kedudukan, Rizky tampil begitu gemilang. Dia bahkan jadi pencipta assist untuk gol Hansamu lewat sepak pojoknya.

Berikut rapor pemain Indonesia usai laga lawan Thailand menurut Liputan6.com:

1 dari 4 halaman

Rapor Pemain 1

Kurnia Meiga (6,0): Meiga sebenarnya berhasil melakukan beberapa penyelamatan penting. Namun, gol Teerasil Dangda merusak penampilannya.

Benny Wahyudi (6,5): Permainan Benny tak terlalu apik dalam laga ini. Namun, pada babak pertama tekelnya cukup akurat, dengan melakukan 75 persen tekel sempurna.
Bek Timnas Indonesia, Benny Wahyudi, mengawal ketat pemain Thailand di laga final pertama Piala AFF di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016).(Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Hansamu Yama (7,5): Hansamu cukup baik dalam laga ini. Dia lugas bermain, dengan melakukan setidaknya delapan sapuan bola. Bahkan, dia sukses mencetak gol dalam laga ini.

Fachruddin (6,5): Fachrudin tak bermain seperti biasanya. Gol Dangda itu berasal dari posisinya.

Abduh Lestaluhu (6,0): Sedikit panik memang, tapi dalam cara bertahannya lumayan lugas dalam laga ini..

Manahati Lestusen (5,5): Manahati bermain kurang baik dalam laga ini. Dia beberapa kali melakukan salah umpan, terutama pada babak pertama.

2 dari 4 halaman

Rapor Pemain 2

Andik Vermansah (6,0): Andik bermain kurang terlalu mengilap. Namun,  dia ditarik pada menit ke-20 setelah mengalami cedera.

Rizky Pora (8,5): Rizky juga kurang apik di babak pertama. Namun, pada babak kedua, pemain Maluku ini bermain sangat gemilang dengan memberikan gol dan assist untuk Hansamu.

Bayu Pradana (7): Bayu masih jadi jangkar yang kuat di tengah. Dia beberapa kali sukses menahan gempuran pemain Thailand dari lini tengah.
Penyerang Indonesia, Boaz Solossa dikawal ketat bek Thailand di di laga final pertama Piala AFF di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016).(Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Stefano Lilipaly (7,0): Lilipaly bermain sangat konstan malam ini. Dia tenang, salah satunya mengecoh dua pemain Thailand pada babak pertama. Sayangnya penyelesaian akhir masih jadi kendala.

Boaz Solossa (7,0): Boaz sukses beberapa kali merepotkan pertahanan Thailand. Namun, ada satu momen kala dia ragu-ragu melepaskan bola.

3 dari 4 halaman

Rapor Pemain 3

Zulham Zamrun (6,0):  Zulham masuk menit ke-20. Namun, penampilannya tak terlalu terlihat dalam laga ini.

Ferdinand Sinaga (6,0): Ferdinand cukup bagus malam ini. Namun beberpa penyelesaian akhir jadi masalah.

Lerby Eliandri (6,0): Masuk menit ke-70, Lerby sebenarnya dimaksudkan untuk menambah daya gedor. Namun tampaknya dia agak kesulitan mendapatkan bola matang.

I. Eka Setiawan

Artikel Selanjutnya
5 Calon Pelatih Terkuat Persib, Lokal Vs Asing
Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: 5 Kandidat Kuat Pelatih Persib