Sukses

Irfan Bachdim Pede Timnas Indonesia Juara Piala AFF

Timnas Indonesia akan datang ke markas Thailand dengan kepercayaan diri tinggi untuk meraih gelar Piala AFF.

Liputan6.com, Bogor - Selangkah lagi Timnas Indonesia merengkuh gelar juara Piala AFF 2016. Peluang mereka terbuka lebar usai menaklukkan Thailand 2-1 pada leg pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Rabu (14/12/2016) malam.

Puluhan ribu suporter yang hadir di Stadion Pakansari kembali bersorak-sorai. Itu karena mereka menyaksikan kesuksesan Timnas Indonesia menaklukkan Thailand, tim yang menghuni posisi ke-129 ranking FIFA sejak 24 November 2016.

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia sukses membalas kekalahan pada pertemuan sebelumnya. Kala itu, kedua tim bertemu di laga perdana Grup A dan Thailand sukses mengukir kemenangan 4-2. Timnas Indonesia kini juga menjadi tim pertama yang mengalahkan Thailand di Piala AFF 2016.

"Saya sangat bangga dengan teman-teman saya. Tidak ada tim yang lebih kuat dari kita. Bisa comeback dan berjuang sepenuh hati untuk membanggakan Indonesia. Dan terima kasih yg sangat besar kepada para suporter, bagaimana mereka mendukung tim kita, setelah 1-1 tadi, kalian semua memberikan kekuatan supaya kita bisa menang," tulis Irfan di akun Instagram.

"Saya yakin kita akan menjadi juara dan membawa piala AFF ke Indonesia 🇮🇩🏆 #TimnasIndonesia #Juara #PleaseMakeMyDreamComeTrue," Irfan menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bawa Pulang Trofi

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Hansamu Yama Pranata (23) saat laga final pertama Piala AFF 2016 melawan Thailand di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12). Indonesia unggul 2-1 atas Thailand. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)Kemenangan itu membuat tugas Timnas Indonesia pada leg kedua final di Rajamangala Stadium, Sabtu (17/12/2016). Pasalnya, Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk lolos.

Bahkan, kalah pun Timnas Indonesia tetap bisa juara. Namun, mereka tak boleh kalah dengan margin dua gol atau lebih dan dengan skor 0-1.

Tentu ini akan jadi tugas berat bagi pelatih Alfred Riedl. Pria asal Austria itu harus mencari formula yang tepat agar Indonesia bisa membawa pulang trofi Piala AFF dari Thailand.

3 dari 3 halaman

Catatan Menarik

Sukses Timnas Indonesia menaklukkan Thailand juga menorehkan beberapa catatan menarik. Gol Rizki Pora ke gawang Thailand menjadi gol pertama Indonesia yang tercipta dari luar kotak penalti di Piala AFF 2016.

Sebelumnya, Timnas Indonesia selalu mendapatkan gol dari dalam kotak penalti.

Di enam final Piala AFF terakhir, tim yang menang pada leg pertama selalu tampil sebagai juara. Catatan itu diukir Thailand (2014, 2012), Malaysia (2010), Vietnam (2004), dan Singapura (2004, 2007).

Patut dinanti apakah catatan ini mampu dilanjutkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.