Sukses

Kalah dari Timnas Indonesia, Ini Respons Teerasil Dangda

Teerasil kini mengoleksi enam gol di Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Bogor - Thailand tak bisa menghindari kekalahan dari Timnas Indonesia pada leg pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Rabu (14/12/2016). Gol Teerasil Dangda terbukti tak mampu menyelamatkan The War Elephants.

Sejatinya, Thailand sempat menunjukkan pertanda bakal memenangkan pertandingan. Mereka mendominasi penguasaan bola dan terus menekan pertahanan Timnas Indonesia sejak peluit tanda dimulainya laga dibunyikan.

Bahkan, mereka unggul lebih dulu lewat gol Teerasil yang memanfaatkan umpan Theerathon Bunmathan dengan sundulan di menit ke-33 untuk menaklukkan kiper Kurnia Meiga. Sayang, Thailand yang dilatih Kiatisuk Senamuang gagal memanfaatkan momen tersebut.

"Kita tak boleh menyia-nyiakan laga di kandang kami. Hari ini, dengan kekalahan 1-2, kami hanya perlu menang 1-0 untuk menjadi juara. Saya pikir bagaimana pun kami tak boleh kalah," ujar Teerasil seperti dikutip Goal Thailand.

Ya, Thailand gagal memanfaatkan permainan apiknya pada babak kedua. Mereka seakan terhenyak dengan membaiknya kinerja anak asuh Alfred Riedl pada babak kedua. Meski masih mendominasi penguasaan bola, Thailand kesulitan menembus lini pertahanan Timnas Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momentum Timnas Indonesia



Situasi itu dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk menyamakan skor lewat Rizki Pora di menit ke-65. Lima menit kemudian, kiper Thailand Kawin Thamsatchanan kembali memungut bola dari gawangnya sendiri akibat sundulan Hansamu Yama Pranata.

Suporter merayakan kemenangan Indonesia atas Thailand pada final pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Rabu (14/12). Indonesia unggul 2-1 atas Thailand. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Meski kalah 1-2, Thailand memang masih memiliki peluang untuk menjadi juara. Pasalnya, mereka hanya perlu menang 1-0 saat gantian menjamu Timnas Indonesia pada leg kedua final di Rajamangala Stadium, Sabtu (17/12/2016).

Bagi Teerasil sendiri, ia berpeluang menobatkan dirinya sebagai Top Scorer Piala AFF 2016. Pasalnya, ia sudah mengoleksi enam gol di Piala AFF 2016, unggul tiga gol dari Boaz Solossa dan Sarawut Masuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.