Sukses

Eks Asisten Pelatih Thailand: Timnas Indonesia Menang Beruntung

Timnas Indonesia juga dinilai mampu memanfaatkan kesempatan tampil sebagai tuan rumah.

Liputan6.com, Bogor - Beragam komentar mengalir deras seiring kemenangan Timnas Indonesia atas Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Rabu (14/12/2016). Pasalnya, tak ada yang menyangka Timnas Indonesia bakal menang 2-1.

Maklum, Thailand memang jauh lebih superior jika melihat rapor kedua tim sepanjang Piala AFF 2016. Sebelumnya, belum ada satu pun tim yang bisa menaklukkan Thailand. Mereka melewati lima laga sejak fase grup dengan kemenangan beruntun.

Selain itu, Timnas Indonesia juga tampil di bawah tekanan karena Thailand bermain agresif sejak menit awal. Bahkan, mereka unggul lebih dulu berkat gol Teerasil Dangda di menit ke-33. Namun, keunggulan itu gagal mereka pertahankan.

Thailand dikejutkan dengan kebangkitan Timnas Indonesia di babak kedua. Dua gol balasan skuat Garuda dicetak Rizki Pora di menit ke-65 dan Hansamu Yama Pranata di menit ke-70. "Itu laga yang berbeda dibandingkan saat Thailand menang 4-2 pada laga sebelumnya," kata Steve Darby, mantan asisten pelatih Thailand yang menjadi komentator Fox Sports.

"Di laga sebelumnya, Timnas Indonesia juga sempat membuat skor menjadi 2-2. Kini mereka mampu mengambil keuntungan dari status sebagai tuan rumah. Secara keseluruhan, permainan Thailand cukup bagus. Namun, keberuntungan memihak kepada Indonesia," Darby menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Terbuka


Mantan pemain Singapura yang menjadi rekan Darby sebagai komentator, John Wilkinson, juga ikut berkomentar mengenai hasil di laga tersebut. Ia meyakini peluang kedua tim untuk menjadi juara masih sama besar.

"Thailand terlihat memiliki banyak masalah. Sebelumnya, mereka memiliki permainan yang menawan saat memastikan tiket final. Di sisi lain, timnas Indonesia bermain dengan cerdas. Mereka mampu membalikkan situasi. Namun, peluang untuk kedua tim sama-sama terbuka karena masih ada leg kedua," kata Wilkinson.

Ya, baik Thailand maupun timnas Indonesia memiliki peluang yang sama untuk menjadi juara. Bagi Timnas Indonesia, mereka hanya butuh hasil imbang. Sebaliknya, Thailand juga bisa juara jika menang 1-0 pada leg kedua di Rajamangala Stadium, Sabtu (17/12/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.