Sukses

Tontowi / Liliyana Mundur dari BWF Super Series Finals 2016

Tontowi / Liliyana menyatakan mundur dari BWF Super Series Finals 2016. Cedera lutut yang diderita Liliyana jadi penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memutuskan mundur dari BWF Super Series Finals 2016. Ini terjadi menyusul cedera lutut yang diderita Liliyana. Tontowi / Liliyana kalah 8-21 dan 6-11 dari wakil Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen.

Pemain yang akrab disapa Butet itu sudah mengalami cedera lutut sejak China Open Super Series Premier 2016 sejak November lalu. Meski kondisinya belum pulih benar, pebulu tangkis 31 tahun itu tetap tampil di Hong Kong Open dan Kejurnas 2016 pada pekan lalu. Tontowi / Liliyana juara di China Open dan Hong Kong Open. Sayang, Liliyana kini tak bisa mengatasi cederanya itu.

"Kalau kami lihat, pemain Denmark tahu banget kondisi kaki saya. Jadi bola-bola mereka pun banyak mengincar saya. Ditarik, ditaruh lagi, lama-lama saya nggak tahan dengan sakitnya. Di game kedua tadi sempat mau coba, tapi malah makin kerasa. Jadi saya nggak berani meneruskan," ujar Liliyana usai pertandingan di Hamdan Sports Complex, Dubai, Kamis (15/12/2016) malam WIB.

"Memang dari awal sebenarnya sudah kerasa sakit dan sejak China Open kemarin belum sembuh total. Tapi, saya mau mencoba dulu. Siapa tahu kalau panas, sakitnya hilang. Ternyata karena memang mereka sudah mengincar, gerakan saya over di lapangan. Akhirnya daripada tambah parah, Owi bilang nggak apa-apa mundur saja," tambah Liliyana.

"Kalau ditanya pasti ingin bisa juara di final super series ini. Apalagi sudah beberapa kali ikut, masuk semifinal saja enggak. Sebenarnya targetnya tahun ini bisa ke semifinal dulu. Tapi, ternyata kondisi Cik Butet (Liliyana Natsir) tidak memungkinkan. Dan saya juga kurang maksimal di sini karena persiapan yang minim," papar Tontowi.

Mundurnya Tontowi / Liliyana membuat semua pertandingan atas mereka tidak masuk dalam perhitungan penyisihan grup. Hasilnya, Praveen Jordan/Debby Susanto dan Nielsen/Pedersen yang sama-sama meraih satu kemenangan, dipastikan lolos ke semifinal.

Pertandingan Jumat (16/12/2016) akan menentukan juara dan runner up Grup A. Sementara Ko Sung Hyun/Kim Ha Na dari Korea dipastikan tidak lolos karena sebelumnya sudah kalah dari Jordan/Debby dan Nielsen/Pedersen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.