Sukses

Cuma AC Milan yang Punya 7 Pemain dari Akademi Sendiri

AC Milan musim ini mengandalkan tujuh pemain jebolan akademi.

Liputan6.com, Milan- Wakil Presiden AC Milan, Adriano Galliani memuji timnya karena menjadi satu-satunya tim yang memiliki tujuh pemain di tim utama yang berasal dari akademi sepakbola sendiri.

Hal itu diungkap Galliani saat pesta Natal untuk tim muda Milan di San Siro.

"Betapa menakjubkan melihat Milan hadir di sini untuk masa depan. Selamat datang di teater mimpi kami. Apa yang terjadi di akademi sepakbola muda kami sungguh luar biasa. Hanya kami satu-satunya klub dengan tujuh pemain di dalam tim utama yang datang dari akademi sendiri. Itu artinya, 25 persen dari jumlah skuad yang ada," jelas Galliani, seperti dikutip dari Football Italia.

Para pemain yang dimaksud Galliani antara lain Ignazio Abate, Mattia De Sciglio, Luca Antonelli, Davide Calabria, Gianluigi Donnarumma, Manuel Locatelli dan Alessandro Plizzari.

Galliani pun menginginkan suatu saat seluruh pemain Milan berasal dari akademi sendiri. Untuk langkah awal, kata dia, Milan akan mengupayakan penambahan dua pemain dari akademi muda per tahun.

"Presiden dan saya bermimpi bahwa 100 persen pemain Milan berasal dari akademi kami sendiri, selain Ignazio Abate, Mattia De Sciglio dan Luca Antonelli, kami mampu menambah Davide Calabria dan Gigio Donnarumma. Dan tahun ini kami tambah lagi dua, Manuel Locatelli dan Alessandro Plizzari," katanya.

Galliani mengaku, dirinya tak hanya melihat hasil dari akademi pemain muda, tetapi juga aktivitas yang berlangsung di dalamnya. Sepanjang tahun 2015 hingga 2016, tercatat Milan telah mengirim sebanyak 39 pemain dari akademinya untuk berbagai kompetisi internasional, mulai dari tingkat U-15 sampai U-21.

"Ini belum lagi Natal, tapi sudah 25 pemain kami yang dipanggil untuk ajang internasional. Itu artinya sesuatu yang menakjubkan dan penting sedang bertumbuh di sini," ujarnya.

Sementara itu, salah satu pemain muda Milan yang berasal dari akademi, Manuel Locatelli mengungkapkan, dapat bermain di tim senior Milan adalah mimpinya yang menjadi kenyataan.

"Ini adalah tahun penting bagi saya. Saya membuat mimpi menjadi kenyataan dan hal-hal yang terjadi sungguh melampaui harapan saya. Saya harus tetap seperti ini dan berharap melakukan yang terbaik ke depannya," kata Locatelli kepada MilanNews.it.

Locatelli, 18 tahun, mencatatkan debutnya di Serie-A pada Mei lalu. Ia kemudian masuk dalam tim inti setelah Riccardo Montolivo dibekap cedera. Ia juga sudah mencetak gol sensasional kala Milan bersua Sassuolo dan Juventus. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.

    AC Milan

Video Terkini