Sukses

Gagal di Piala AFF, Wonderkid Vietnam Pasang Target di SEA Games

Selain ingin juara pada edisi Piala AFF 2018, dia ingin Vietnam bisa meraih medali emas di SEA Games.

Liputan6.com, Hanoi - Bek sayap timnas Vietnam Vu Van Thanh langsung bangkit dari kegagalan timnya menembus partai final Piala AFF 2016. Kalah dari Indonesia di babak semifinal, pemain 20 tahun tersebut mengincar medali emas di SEA Games tahun depan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam sebuah kolom Fox Sports Asia, Van Thanh disebut-sebut sebagai salah satu dari delapan wonderkid yang akan bersinar di turnamen dua tahunan ini. Benar saja, pemain klub Hoàng Anh Gia Lai FC tersebut ikut mencetak gol ke gawang Indonesia pada leg kedua semifinal di Stadion My Dinh, Hanoi.

Sayang, pada laga tersebut skuat Golden Star kalah agregat 3-4 karena hanya bisa bermain imbang 2-2. Sejak saat itu Vu Van Thanh berbenah dan memasang target baru.

Selain ingin juara pada edisi Piala AFF 2018, dia ingin Vietnam bisa memiliki prestasi baru di SEA Games. Sebelum mewujudkannya, pemain berpostur 170 cm ini ingin membuka kesempatan untuk bermain di luar negeri, mengikuti rekannya Luong Xuan Truong di Incheon United, Korea Selatan.

"Saya ingin ke Korea Selatan untuk bermain dan saya sudah dengar banyak dari Xuan Truong di sana. Saya sangat ingin bermain dalam lingkungan K-League," kata Vu Van Thanh dalam portal Soha.vn, Jumat (16/12/2016) siang.

Laga pembukaan Piala AFF melawan Myanmar pada 20 November 2016 lalu merupakan debutnya bersama Vietnam. Sejak saat itu, pelatih Nguyen Huu Thang selalu memainkannya selama 90 menit penuh, ditambah babak perpanjangan waktu dalam laga melawan Indonesia.

"Liga profesional akan membantu kami memperbaiki diri lebih baik, bisa memperjuangkan masa depan dan mimpi emas di Piala AFF dan SEA Games (yang akan datang)."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini