Sukses

Persebaran Gol Timnas Indonesia di Piala AFF 2016

Timnas Indonesia tinggal selangkah lagi menjadi juara Piala AFF 2016

Liputan6.com, Bangkok - Timnas Indonesia tinggal selangkah lagi menjadi juara Piala AFF 2016. Hal ini tidak lepas dari taktik timnas yang tidak mengandalkan seorang pemain untuk mencetak gol.

Ya, meski terus menurunkan formasi yang sama dalam setiap pertandingan, nyatanya timnas punya delapan pemain berbeda yang telah mencetak gol di Piala AFF 2016. Boaz Solossa menjadi pemimpin dengan mencetak tiga gol.

Kapten timnas itu sukses membobol gawang Thailand di laga perdana Grup A. Lalu menjebol gawang Filipina di laga kedua Grup A. Serta mencetak gol kemenangan atas Vietnam di semifinal leg pertama.

Sementara Stefano Lilipaly dan Hansamu Yama Pranata sukses menyumbang dua gol sejauh ini. Lilipaly mencetak gol melawan Singapura di fase grup, dan saat melawan Vietnam di semifinal leg kedua.

Sedangkan dua gol Hansamu Yama diciptakan melalui sundulan. Masing-masing dalam laga leg pertama semifinal melawan Vietnam dan laga leg pertama final Piala AFF 2016 melawan Thailand.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lima pencetak gol lain

Sementara lima pemain lain membagi rata jumlah golnya ke gawang musuh. Yakni Andik Vermansah, Rizky Pora, Lerby Eliandry, Fachruddin Aryanto, dan Manahati Lestusen.

Total timnas telah mencetak 12 gol sejauh ini atau kedua produktif di bawah Thailand. Tentu produktivitas gol yang merata seperti ini sangat dibutuhkan timnas untuk menjadi juara Piala AFF 2016.

"Ya, kami selalu cetak dua gol di tiap pertandingan, ini positif. Artinya, produktivitas gol kami bagus, pemain timnas selalu punya kesempatan mencetak gol di setiap pertandingan," kata asisten pelatih timnas Indonesia, Wolfgang Pikal.

3 dari 3 halaman

Persebaran gol timnas di Piala AFF 2016:

Boaz Solossa: 3 gol
Hansamu Yama: 2 gol
Stefano Lilipaly: 2 gol
Manahati Lestusen: 1 gol
Andik Vermansyah: 1 gol
Fachruddin Aryanto: 1 gol
Rizky Pora: 1 gol
Lerby Eliandry: 1 gol

Total: 12 gol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini