Sukses

Rizky Pora Ungkap Rahasia Kegemilangannya Bersama Timnas

Rizky Pora terus jadi andalan si sektor sayap kiri timnas.

Liputan6.com, Jakarta - Rizky Pora belakangan mencuat jadi salah satu bintang timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2016. Golnya ke gawang Thailand di final pertama semakin mengukuhkan namanya sebagai salah satu pemain favorit tim Garuda.

Namun, sebelum mencetak gol itu, aksi-aksi Rizky Pora juga kerap memberi kontribusi untuk timnas Indonesia. Setidaknya tiga assist telah dibukukan pemain Barito Putera ini.

Rizky memang begitu enerjik di lapangan. Tak pernah dia terlihat lelah, meski kerap beradu badan dengan lawan. Tidak salah kalau pelatih timnas, Alfred Riedl, terus memberikan kepercayaan untuk menduduki gelandang kiri timnas. Bahkan, hingga saat ini posisi pemain asal Maluku itu belum tergantikan.

Apa rahasia Rizky sehingga dia bisa tampil begitu enerjik bersama timnas? "Papeda, Kakak. Sagu yang membuat saya seperti ini," kata pemain dengan nomor punggung 14 itu seperti dikutip Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Khas Maluku dan Papua

Papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua. Biasanya, pepeda disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui kunyit.

Papeda sendiri berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem. Rasanya agak tawar, tapi kaya dengan serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi. Makanan ini memang pas untuk atlet.
Salah satu aksi Rizky Pora bersama timnas.  (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)
Tak heran, Rizky pun menuai banyak bermanfaat mengonsumsi makanan ini. Dan, imbas positifnya, dia jadi bisa memberikan kontribusi bagus untuk timnas Indonesia.

Di lapangan, Rizky berposisi sebagai gelandang sayap kiri. Dia kerap membantu serangan, menyisir sayap, untuk mengirim crossing, atau melakukan manuver. Tak heran, banyak yang menjuluki pemain berusia 27 tahun itu sebagai "Ryan Giggs"-nya Indonesia.

Berbekal drible yang bagus dan kecepatan, dia kerap membuat decak kagum penonton dengan kemampuannya untuk melewati kepungan lawan. Timnas Thailand yang memiliki pemain belakang andal juga sudah jadi korban Rizky, saat dia mencetak gol penyeimbang di laga final pertama lawan Thailand.

3 dari 3 halaman

Gol Pelecut Semangat

Gol Rizky ini menjadi pelecut semangat timnas Garuda untuk mencari kemenangan. Terbukti, Hansamu Yama Pratama mampu mempersembahkan gol, sehingga Indonesia menang 2-1 atas juara bertahan, Thailand. Untuk meraih predikat juara, Indonesia harus tampil apik minimal meraih hasil seri di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016).
Rizky Pora bersama rekan-rekan melakukan seberasi di lapangan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Saat ini, pemain dengan nama lengkap Rizky Rizaldi Pora itu dituntut untuk kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya di Stadion Rajamangala, Bangkok, yang merupakan pertandingan penentuan, apakah Indonesia atau tuan rumah Thailand yang bakal menjadi juara Piala AFF 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.