Sukses

Thailand Vs Indonesia: Siapa Pemain Penentu Kemenangan?

Thailand harus memenangkan laga final kedua dengan skor tertentu untuk bisa menjadi juara

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia selangkah lagi mencetak sejarah di ajang Piala AFF 2016.  Tim Merah-Putih setapak lagi naik ke podium juara setelah di final pertama mengalahkan penantangnya, Thailand 2-1, pada pertengahan pekan lalu.

Skuat asuhan Alfred Riedl cukup meraih hasil imbang di laga final kedua di kandang Thailand di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016), jika ingin merengkuh Piala AFF untuk kali pertama.

Perjuangan Timnas Indonesia melaju ke partai final pantas diacungi jempol. Andik Vermansyah dan kawan-kawan harus berjuang keras agar bisa mencapai partai puncak. Bahkan, Andik pun kemungkinan harus rela menepi akibat cedera setelah berjibaku menembus pertahanan Thailand.

Tak hanya itu, penampilan timnas juga sempat membuat suporter setia skuat Garuda harus menahan napas meredam ketegangan. Betapa tidak, dalam beberapa laga, termasuk kontra Thailand, mereka harus kecolongan terlebih dahulu sebelum memetik kemenangan berkat pemain penentu.

Menang dramatis, begitulah fenomena yang mengiringi perjalanan Indonesia. Kejadian terakhir di Stadion Pakansari, Rabu lalu. Tertinggal satu gol, Hansamu Yama kemudian tampil sebagai pahlawan kemenangan.

Sebelumnya, ada nama Stefano Lilipaly. Gelandang timnas berusia 26 tahun ini mencetak gol penentu pada pertandingan melawan Singapura di babak penyisihan grup.

Setelah itu, gantian Boaz Solossa yang memutus harapan lawannya. Pemain Persipura Jayapura ini mencetak gol kedua dan membawa kemenangan Indonesia 2-1 atas Vietnam.

Selanjutnya, nama Manahati Lestusen banyak dielu-elukan penonton Indonesia setelah membuat gol penyeimbang di semifinal kedua di kandang Vietnam.

Kini Indonesia harus bertemu lagi dengan tim yang sebenarnya lebih diunggulkan di ajang ini. Namun, bukan berarti level Indonesia ada di bawah Thailand. Adakah kejutan terjadi di laga ini? Siapa yang bakal menjadi pemain penentu kemenangan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Naturalisasi

Nama Stefano Lilipaly langsung jadi perhatian setelah mencetak gol penentu melawan Singapura.

Pemain naturalisasi ini memang, tampil meyakinkan selama ajang Piala AFF 2016. Akankah pemain yang memperkuat klub divisi dua liga Belanda, SC Telstar, ini mampu mencetak gol lagi di final nanti?

3 dari 3 halaman

Pemain Maluku

Tendangan dari penyerang sayap timnas, Rizky Pora, berhasil mengejar ketinggalan dari Thailand, sebelum akhirnya sundulan bek Hansamu Yama berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 untuk timnas Indonesia.

Aksi Rizky Pora langsung mendapat apresiasi tinggi karena berhasil membawa Indonesia meraih kemenangan.

Berdasarkan rapor pemain, Rizky dinilai kurang apik di babak pertama. Namun, pada babak kedua, pemain Maluku ini bermain sangat gemilang dengan memberikan gol dan assist untuk Hansamu.

Bagaimana pada pertandingan nanti? Bisakah Rizky mencetak gol lagi ke gawang Thailand?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini