Sukses

Wasit Thailand Vs Timnas Indonesia Sering Untungkan Tuan Rumah

Mohammed Abdullah Hassan Mohamed bakal menjadi wasit yang memimpin partai final Piala AFF 2016 antara Thailand melawan Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Bangkok - Mohammed Abdullah Hassan Mohamed bakal menjadi wasit yang memimpin partai final Piala AFF 2016 leg kedua antara Thailand melawan Timnas Indonesia di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016). Seperti apa sepak terjang Hassan saat memimpin sepak bola internasional?

Hassan merupakan wasit asal Uni Emirate Arab yang lahir pada 2 Desember 1978. Hassan terkenal sebagai wasit yang tegas di sepak bola Asia.

Dikutip dari World referee, Hassan sudah memimpin 55 pertandingan internasional. Dilihat dari rekam jejaknya, Hassan lebih banyak menguntungkan tim tuan rumah.

Buktinya, dari 11 keputusannya memberikan hukuman penalti, tujuh di antaranya untuk tim tuan rumah. Hassan baru empat kali memberikan penalti untuk tim tamu.

Dia juga sudah mengeluarkan 13 pemain dari lapangan hijau. Tercatat, Hassan memberikan tujuh kartu merah untuk tim tuan rumah. Enam kartu merah dikeluarkan dari sakunya untuk pemain tim tamu.

Hassan juga terkenal sebagai wasit yang 'gampang' mengeluarkan kartu kuning. Dia sudah mengganjar 83 pemain tuan rumah kartu kuning dan 100 pemain tim tamu dengan kartu kuning.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Pimpin Laga Indonesia

Hassan tentu sudah tidak asing dengan tim sepak bola Indonesia. Dia sudah dua kali menjadi pengadil lapangan untuk Timnas Indonesia U-23 pada ajang kualifikasi Piala AFC U-23 2016.

Ketika itu, dia menjadi saksi kehebatan Timnas Indonesia U-23 saat membantai Timor Leste dengan skor 5-0 pada 27 Maret 2015. Ketika itu, Garuda Muda yang bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno mendapat hadiah penalti dari Hassan.

Empat hari setelahnya, Hassan kembali memimpin pertandingan Garuda Muda melawan Korea Selatan. Pertandingan itu dimenangkan oleh Korea Selatan dengan skor telak 4-0.

Mohammed Abdullah Hassan Mohamed (istimewa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.