Sukses

6 Fakta Final Piala AFF 2016 Thailand Vs Timnas Indonesia

Timnas Indonesia bakal menghadapi Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016) malam.

Liputan6.com, Bangkok - Timnas Indonesia bakal menghadapi Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016) malam pada leg kedua final Piala AFF 2016. Skuat Garuda--sebutan Timnas Indonesia--berpeluang menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya.

Pada pertandingan pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, tiga hari lalu, skuat Garuda menang 2-1 atas Indonesia. Dua gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh Rizky Pora dan Hansamu Yama Pranata.

Boaz Salossa dan kawan-kawan hanya membutuhkan hasil imbang minimal 0-0 untuk menjuarai Piala AFF. Sementara Thailand hanya butuh kemenangan 1-0 untuk berpesta di negerinya sendiri karena mereka punya keunggulan gol tandang.

Sebelum menyaksikan pertandingannya, simak beberapa fakta menarik jelang Thailand kontra Timnas Indonesia di halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Fakta Menarik

1. Mr Runner Up

Timnas Indonesia tengah berjuang menghapus julukan Mr Runner Up Piala AFF. Skuat Garuda merupakan negara terbanyak yang menjadi runner-up Piala AFF dibandingkan dengan tim lain. Indonesia sudah empat kali berada di posisi kedua, yakni pada 2000, 2002, 2004, dan 2010.

2. Alfred Riedl

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, sudah lima kali menghadapi Thailand. Tim yang diasuh Riedl telah mencatatkan tiga kemenangan atas Thailand. Riedl sudah menelan dua kekalahan dari kesebelasan berjuluk The War Elephants tersebut.

3 dari 7 halaman

Mesin Gol Thailand

3. Teerasil Dangda

Teerasil Dangda merupakan pemain Thailand yang rajin mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia. Dia sudah mencetak lima gol ke gawang Skuat Garuda, empat di antaranya dicetak pada Piala AFF 2016.

Pria berusia 28 tahun itu menjebol gawang Garuda untuk pertama kalinya pada 16 Desember 2008. Gol tunggalnya membuat Thailand menang 1-0 atas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

4 dari 7 halaman

Sumbangsih Kiatisuk Senamuang

4. Kiatisuk Senamuang

Kiatisuk Senamuang merupakan orang yang paling sukses bersama Timnas Thailand. Saat masih menjadi pemain, dia mempersembahkan tiga gelar Piala AFF, yakni pada 1996, 2000, dan 2002.

Sedangkan saat menjadi pelatih, dia menjuarai Piala AFF 2014. Bisa dibilang, empat gelar Piala AFF milik Thailand merupakan sumbangsih dari Kiatisuk.

5 dari 7 halaman

Bangkitnya Hansamu Yama

5. Hansamu Yama Pranata

Bek Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata, sudah mencetak dua gol dari tiga penampilan di Piala AFF 2016. Selain rajin mencetak gol, Hansamu sangat tangguh di lini pertahanan skuat Garuda.

Hansamu tercatat melakukan dua tekel sukses, 11 clearances, dan lima intersep. Dia juga baru melakukan sekali pelanggaran yang membahayakan pertahanan timnas Indonesia.

6 dari 7 halaman

Wasit

6. Wasit

Mohammed Abdullah Hassan Mohamed bakal menjadi wasit yang memimpin partai final Piala AFF 2016 pertandingan kedua antara Thailand melawan Timnas Indonesia di Stadion Rajamangala. Dia terkenal sebagai wasit yang sering menguntungkan tuan rumah.

Dikutip dari World referee, Hassan sudah memimpin 55 pertandingan internasional. Dari 11 keputusannya memberikan hukuman penalti, tujuh di antaranya untuk tim tuan rumah. Hassan baru empat kali memberikan penalti untuk tim tamu.

Dia juga sudah mengeluarkan 13 pemain dari lapangan hijau. Tercatat, Hassan memberikan tujuh kartu merah untuk tim tuan rumah. Enam kartu merah dikeluarkan dari sakunya untuk pemain tim tamu.

7 dari 7 halaman

Statistik Gol Timnas Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini