Sukses

Indonesia Gagal Rebut Piala AFF 2016, Ini Pesan Presiden Jokowi

Indonesia gagal merebut gelar juara Piala AFF 2016 setelah kalah kepada Thailand.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meminta para pemain timnas Indonesia tidak putus asa atas kegagalan di final Piala AFF 2016. Sebaliknya, Presiden Jokowi meminta skuat Garuda memetik pelajaran dari kekalahan atas timnas Thailand, Sabtu (17/12/2016).

Hal ini disampaikan Jokowi lewat akun Twitter-nya. "Jangan patah arang. Ambil pelajaran atas kekalahan. Timnas Indonesia tetaplah semangat -Jkw," tulis mantan walikota Solo tersebut lewat akun Twiter resminya, @Jokowi.

Indonesia akhirnya mengakhiri mimpinya untuk mengakhiri paceklik gelar Piala AFF setelah di leg kedua final yang berlangsung di Rajamangala Stadium, Bangkok, kalah 0-2. Padahal sebelumnya Indonesia berhasil mengejutkan setelah menang 2-1 di leg pertama. Kekalahan ini membuat Indonesia gagal melangkah ke podium juara karena kalah agregat 2-3 atas The War Elephants.

Presiden Joko Widodo sebelumnya juga telah berusaha membangkitkan motivasi timnas Indonesia lewat janji bonus bila berhasil mengangkat trofi. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah menjanjikan bonus sebesar 12 Miliar kepada para pemain.

"Kita semua berharap Timnas Indonesia menjadi juara AFF 2016. Disiapkan bonus Rp 12 miliar untuk seluruh pemain. Ayo semangat! –Jkw," tulis Presiden Jokowi sebelum pertandingan leg kedua final Piala AFF 2016 bergulir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalannya Laga

Indonesia sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa melangkah ke podium juara. Namun Thailand yang tampil di hadapan puluhan ribu pendukungnya tampil luar biasa dan berhasil mendominasi jalannya pertandingan.

Tekanan yang terus dilancarkan Thailand akhirnya membuahkan hasil di menit ke-37. Berawal dari umpan Theerathon Bunmathan, Siroch Chattong sukses mencetak gol ke gawang Kurnia Meiga. Keunggulan 1-0 Thailand bertahan hingga babak pertama bubar.

Thailand kembali menjebol gawang Indoensia hanya dua menit setelah babak kedua dimulai. Siroch Chattong kembali menjadi momok setelah menaklukkan Kurnia Meiga untuk kali kedua. (Simak jalannya pertandingan: Kalah di Markas Thailand, Timnas Indonesia Gagal Juara AFF 2016)  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini