Sukses

Timnas Indonesia Gagal Juara, Wapres JK Tetap Bangga

Timnas Indonesia menjadi tim terbanyak yang mengoleksi predikat runner-up di Piala AFF.

Liputan6.com, Bangkok - Timnas Indonesia gagal mengakhiri kutukan di final Piala AFF 2016. Gelar juara melayang setelah kalah 0-2 dari Thailand pada leg kedua final di Rajamangala Stadium, Sabtu (17/12/2016). Kekalahan itu membuat Timnas Indonesia kalah agregat 2-3.

Modal bagus berupa kemenangan 2-1 pada leg pertama final di Stadion Pakansari gagal dimaksimalkan Timnas Indonesia. Di kandang Thailand, anak asuh Alfred Riedl berada dalam tekanan sejak awal permainan.

Petaka pun dimulai ketika Siroch Chatthong menjebol gawang Timnas Indonesia di menit ke-37. Bahkan, ia juga menjebol gawang Timnas Indonesia di menit ke-47. Meski penalti Teerasil Dangda di menit ke-81 bisa digagalkan Kurnia Meiga, kekalahan Timnas Indonesia tetap tak terhindarkan.

Masyarakat pun gagal mewujudkan keinginannya untuk melihat Timnas Indonesia mengangkat gelar Piala AFF buat kali pertama. Ini adalah kali kelima tim Merah Putih mengakhiri petualangan di Piala AFF sebagai runner-up.

"Terima kasih TimNas Indonesia. Kita tetap bangga, tetap semangat ! Selamat untuk TimNas Thailand," tulis Wakil Presiden Jusuf Kalla di akun Twitte @Pak_JK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melebihi Ekspektasi



Terlepas dari hasil tersebut, sejatinya Timnas Indonesia sudah melebihi ekspektasi banyak pihak. Pasalnya, tak ada yang percaya Boaz Solossa dan kawan-kawan bisa melaju jauh di Piala AFF 2016 hingga final.

Hebatnya, segala keraguan itu mampu ditepis Timnas Indonesia. Setelah menjadi runner-up Grup A, mereka melaju ke final dengan menyingkirkan Vietnam di semifinal. Sayang, keperkasaan Thailand masih belum bisa ditundukkan Timnas Indonesia.

Kekalahan itu juga membuat Timnas Indonesia gagal mendapatkan bonus berlimpah dari pemerintah. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat berjanji akan menggelontorkan bonus hingga Rp 12 miliar jika mempersembahkan gelar juara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini