Sukses

Rapor Pemain Indonesia Saat Dikalahkan Thailand di Final AFF 2016

Timnas Indonesia harus mengubur mimpi untuk merebut juara Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Bangkok - Timnas Indonesia harus mengubur mimpi untuk merebut juara Piala AFF 2016. Pasalnya di partai puncak, mereka kalah agregat 2-3 dari juara bertahan, Thailand.

Bermodalkan kemenangan 2-1 di leg pertama, timnas Indonesia terus ditekan sepanjang pertandingan. Hasilnya, Thailand mampu unggul dua gol tanpa balas melalui Siroch Chatthong.

Thailand juga sebenarnya mampu mencetak gol ketiga dalam laga ini. Sayangnya, penalti Teerasil Dangda pada menit ke-81 mampu ditepis oleh Kurnia Meiga.

Timnas Indonesia juga harus bermain dengan 10 orang dalam laga ini. Sebab Abduh Lestaluhu dikartumerah pada menit ke-90 setelah menendang bola ke arah bench Thailand.

Meski dikepung sepanjang laga, namun permainan timnas sebenarnya tidak terlalu buruk. Mereka mampu memberikan perlawanan pada akhir babak kedua.

Berikut rapor pemain timnas Indonesia dalam laga leg kedua final Piala AFF 2016.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rapor Kiper dan Bek

Kurnia Meiga (7,0): Meiga sebenarnya berhasil melakukan beberapa penyelamatan penting. Salah satunya saat dia berhasil menggagalkan penalti Dangda pada menit ke-81.

Benny Wahudi (6): Permainan Benny tak terlalu apik dalam laga ini. Dia akhirnya diganti pada awal babak kedua oleh Dedi Kusnandar.

Hansamu Yama (7,0): Hansamu cukup baik dalam laga ini. Dia lugas bermain, membuat barisan penyerang Thailand kesulitan menembus pertahanan timnas.

Fachrudin Wahyudi (6,5): Fachrudin tak bermain seperti biasanya. Gol pertama Thailand yang dibuat Siroch Chuttong itu berasal kesalahannya menyapu bola

Abduh Lestaluhu (6): Abduh tampil sedikit panik di laga ini. Ia juga membuat blunder besar setelah emosinya terpancing pada menit terakhir. Ia pun harus diusir wasit setelah menendang bola ke arah bench Thailand.

3 dari 4 halaman

Rapor Gelandang

Manahati Lestusen (6): Manahati bermain lumayan dalam laga ini. Dia beberapa kali melakukan salah umpan terutama pada babak pertama. Permainannya membaik setelah menjadi bek kanan di babak kedua.

Zulham Zamrun (5,5): Menggantikan posisi Andik Vermansah, Zulham kurang terlalu maksimal. Dia juga jarang sekali turun ke bawah sehingga membuat pertahanan timnas kerepotan.

Rizky Pora (6): Rizky tampil tak maksimal hingga akhirnya digantikan Ferdinand Sinaga pada menit ke-73. Penetrasinya dari sisi kiri sama sekali tidak terlihat di laga ini.

Bayu Pradana (6,5): Bayu masih jadi jangkar yang kuat di tengah. Dia beberapa kali sukses mematahkan serangan Thailand.

Stefano Lilipaly (6,5): Lilipaly bermain cukup bagus di laga ini. Namun, dia seakan terisolasi di lapangan karena tidak mendapat suplai bola.

4 dari 4 halaman

Rapor Striker dan Cadangan

Boaz Solossa (7): Boaz sukses beberapa kali merepotkan pertahanan Thailand dengan kecepatannya. Namun, dia juga sering sekali kehilangan bola.

Dedi Kusnandar (6):  Dedi masuk menit ke-46, dia sebenarnya cukup baik dan tenang di lini tengah. Namun gol kedua Thailand juga karena kesalahannya karena kurang ketat menjaga lawan.

Ferdinand Sinaga (6): Ferdinand cukup bagus malam ini. Namun ketatnya pertahanan Thailand membuatnya tidak bisa berbuat banyak.

Lerby Eliandri (6): Masuk menit ke-63, Lerby sebenarnya dimaksudkan untuk menambah daya gedor. Namun tampaknya dia agak kesulitan mendapatkan bola matang.

(Indra Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.