Sukses

Usai Bungkam Timnas Indonesia, Ini Komentar Pelatih Thailand

Timnas Indonesia sudah dikalahkan Kiatisuk tiga kali di final Piala AFF sebagai pemain dan pelatih.

Liputan6.com, Bangkok - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand di final Piala AFF 2016. Kekalahan 0-2 pada leg kedua final di Rajamangala Stadium, Sabtu (17/12/2016), membuat Timnas Indonesia kalah agregat 2-3 dari Thailand.

Siroch Chattong memborong gol kemennagan The War Elephants (sebutan Thailand). Dua golnya tercipta di menit ke-37 dan ke-47. Namun, sosok penting di balik kesuksesan Thailand adalah pelatih Kiatisuk Senamuang.

Keputusannya menduetkan Chattong dengan Teerasil Dangda terbukti ampuh. Berulang kali Chattong mampu melewati penjagaan Benny Wahyudi dan Zulham Zamrun di sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia.

Namun, ia tak serta merta memberikan pujian khusus hanya untuk Chattong. Bagi Kiatisuk, semua pemain The War Elephants memiliki andil di balik kesuksesan meraih gelar kelima Piala AFF usai menaklukkan Timnas Indonesia.

"Saya ingin mengucapkan bahwa saya bangga kepada tim dan seluruh pemain. Mereka bekerja keras dan itu tidak mudah. Menjadi juara sangat penting bagi semua orang," kata Kiatisuk Senamuang dalam video wawancara yang diunggah Facebook AFF Suzuki Cup.

Sekadar catatan, Kiatisuk adalah satu-satunya sosok yang menikmati semua gelar Piala AFF yang sudah diraih Thailand. Saat masih aktif menjadi pemain, ia sukses mempersembahkan gelar tersebut pada Piala AFF 1996, 2000, dan 2002.

Ketika pertama kali diangkat menjadi pelatih permanen Thailand, setelah caretaker pada 2013, pria kelahiran 11 Agustus 1973 itu langsung mempersembahkan gelar Piala AFF 2014. Kini, koleksinya bertambah dengan kesuksesan Thailand di Piala AFF 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.