Sukses

Top 10 Berita Bola: Aturan Baru di Piala AFF

Perubahan format mulai diterapkan pada Piala AFF 2018.

Liputan6.com, Jakarta Mulai 2018, Piala AFF akan menggunakan format yang berbeda. Tak akan ada lagi tim yang menjadi tuan rumah sepanjang perhelatan fase grup seperti yang dilakukan Filipina dan Myanmar pada Piala AFF 2016.

Kala itu, Filipina yang ditunjuk sebagai tuan rumah Grup A Piala AFF 2016. Sedangkan Myanmar menjadi tuan rumah Grup B. Ternyata, antusias masyarakat setempat dalam ajang tersebut terbilang sangat minim.

Itu mengapa Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) menerapkan format baru yang mulai digunakan pada Piala AFF 2018. Berita ini menjadi sorotan pembaca kanal bola Liputan6.com. Berikut Top 10 Berita Bola pagi ini:

1. Juara Piala AFF, Thailand Bakal Terkena Sanksi?

Pemain Timnas Thailand mengangkat piala AFF usai menumbangkan Indonesia di final kedua di National Stadium Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12). Thailand berhasil meraih piala AFF untuk yang kelima kali. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Thailand menjadi satu-satunya tim nasional yang berhasil menorehkan prestasi dengan merebut lima trofi juara di Piala AFF. Kepastian itu didapat setelah menjungkalkan Indonesia pada laga leg kedua final dengan skor 2-0 atau agregat 3-2 di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016) malam.

Pada pertandingan krusial tersebut tuan rumah Thailand membuka keran gol lebih dulu di menit 37 melalui Siroch Chatthong. Gol pembuka itu tercipta berawal dari umpan silang Theeraton Bunmathan dari sisi kiri lapangan yang salah diantisipasi oleh Fachrudin Aryanto. Bola yang memantul kemudian mengenai kaki Siroch dan masuk ke gawang Kurnia Meiga.

Baca selengkapnya di sini.

2. Usai Bungkam Timnas Indonesia, Ini Komentar Pelatih Thailand

Pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang. (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand di final Piala AFF 2016. Kekalahan 0-2 pada leg kedua final di Rajamangala Stadium, Sabtu (17/12/2016), membuat Timnas Indonesia kalah agregat 2-3 dari Thailand.

Siroch Chattong memborong gol kemennagan The War Elephants (sebutan Thailand). Dua golnya tercipta di menit ke-37 dan ke-47. Namun, sosok penting di balik kesuksesan Thailand adalah pelatih Kiatisuk Senamuang.

Baca selengkapnya di sini.

3. Ganti Format, Ini Aturan Baru di Piala AFF

Penjaga gawang Timnas Indonesia, Kurnia Meiga (tengah) menangkap bola saat laga final kedua Piala AFF 2016 lawan Thailand di Rajamangala National Stadium, Bangkok, Sabtu (17/12). Thailand menang 2-0 atas Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Piala AFF 2016 adalah edisi ke-11 ajang sepak bola dua tahunan tersebut di mana Thailand baru saja menobatkan dirinya sebagai juara setelah mengalahkan Timnas Indonesia. Itu adalah kali kelima Thailand tampil sebagai juara Piala AFF.

Kemenangan 2-0 pada leg kedua final di Rajamangala Stadium, Sabtu (17/12/2016), tersebut membuat Thailand unggul agregat 3-2 atas Timnas Indonesia. Sebelumnya, anak asuh Kiatisuk Senamuang tersebut menyerah 1-2 pada leg pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari.

Baca selengkapnya di sini.

Berikut tujuh berita lain yang masuk ke dalam Top 10 berita bola

4. Abduh Tendang Bola ke Bench Thailand, Riedl Angkat Bicara

5. Timnas Indonesia yang Bhinneka Bikin Bangga

6. Reaksi Radja Nainggolan Soal Kegagalan Timnas Indonesia

7. Riedl atau Kiatisuk Pelatih Timnas Indonesia di Masa Depan?

8. Boaz Solossa: Terima Kasih Suporter Timnas Indonesia

9. Kejutan, Kiatisuk Buka Peluang Latih Timnas Indonesia

10. Gagal Juara Piala AFF, Lilipaly Tetap Pahlawan Timnas Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini