Sukses

Timnas Gagal di Final AFF 2016, Giliran Hansamu Minta Maaf

Timnas Indonesia berulang kali terbantu aksi impresif Hansamu di Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia gagal mengakhiri kutukan di final Piala AFF 2016. Mereka harus mengakui keunggulan Thailand yang menang 2-0 di Rajamangala Stadium, Sabtu (17/12/2016), pada leg kedua final dan unggul 3-2 secara agregat.

Padahal banyak yang berharap kutukan itu bisa diakhiri Timnas Indonesia setelah menang 2-1 pada leg pertama final di Stadion Pakansari. Dengan modal itu, Timnas Indonesia bisa menjadi juara jika memaksa Thailand bermain imbang pada leg kedua.

Sayang, skenario tersebut tak mampu diwujudkan anak asuh Alfred Riedl. Mereka malah kalah 0-2 dari Thailand akibat gol Siroch Chatthong di menit ke-37 dan ke-47. Alhasil, untuk kali kelima Timnas Indonesia hanya bisa menyandang status runner-up Piala AFF.

Meski sudah berjuang keras, Hansamu tetap merasa bersalah karena gagal mewujudkan harapan suporter Timnas Indonesia. Mengikuti jejak rekan-rekannya, bek kelahiran pun melayangkan permintaan maaf. "Manusia hanya bisa melakukan, tapi Allah lah yang menentukan. Maaf Indonesia," tulis Hansamu di akun Instagram.

 

Manusia hanya bisa melakukan, tapi Allahlah yang menentukan. Maaf Indonesia 🙂🙏

Video kiriman هانسم يم (@hannsamuyama) pada

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontribusi Hansamu

Hansamu sendiri bermain sangat baik sejak diberi kepercayaan Riedl. Akumulasi kartu kuning yang didapat Fachruddin Aryanto dan Yanto Basna membuat Riedl memasangnya sebagai bek tengah. Laga perdana Hansamu adalah saat menghadapi Singapura pada laga pamungkas Grup A.

Berkat duet memukaunya bersama Manahati Lestusen, bek Barito Putera tersebut membuat para penyerang Singapura, salah satunya Khairul Amri, tak berkutik. Timnas Indonesia pun melaju ke semifinal setelah menorehkan kemenangan 2-1 atas Singapura.

Kontribusinya kembali terlihat saat Timnas Indonesia menjamu Vietnam pada leg pertama semifinal di Stadion Pakansari. Kemenangan 2-1 Timnas Indonesia tak lepas dari gol Hansamu di menit ketujuh.

Tak hanya itu, bek berusia 21 tahun itu juga menjadi penentu kemenangan 2-1 tim Merah Putih pada leg pertama final kontra Thailand. Setelah sempat tertinggal, Timnas Indonesia berbalik unggul 2-1 berkat gol Rizki Pora di menit ke-65 dan Hansamu di menit ke-70.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.