Sukses

Polisi Thailand Terus Buru Ultras Pembakar Flare

Mereka, Ultras Thailand, dianggap mencoreng citra sepak bola Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Suporter yang menamakan diri mereka sebagai ultras Thailand sedang diburu polisi setelah terekam kamera menyalakan flare dileg kedua final Piala AFF 2016 lawan timnas Indonesia di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12) lalu. Mereka dianggap mencoreng citra sepak bola Negeri Seribu Pagoda.

Menurut Bangkok Post, Senin (19/12/2016), Kepala Kepolisian Metropolitan, Sanit Mahathavorn, memerintahkan Kantor polisi Hua Mak mengumpulkan seluruh bukti. Mereka siap menangkap Ultras Thailand yang menyalakan flare di dalam stadion berkapasitas 50 ribu penonton tersebut.

Dari beberapa bukti yang sudah dikumpulkan kepolisian Thailand, ultras Thailand beberapa kali menyalakan flare. Termasuk saat Siroch Chanthong mencetak gol pertama buat tuan rumah di menit 37. Mereka kembali membakar flare setelah pertandingan yang berakhir dengan skor 2-0 tersebut.

Kepolisian memang masih kesulitan melacak keberadaan ultras Thailand lantaran mereka menggunakan syal untuk menutupi wajahnya. Namun polisi Thailand akan berusaha keras untuk mencari identitas mereka.

"Jika nantinya berhasil ditemukan, mereka (ultras Thailand) akan dipanggil dan dimintai keterangan mengenai alasan menyalakan flare di dalam stadion," Letnan Jenderal Pol Sanit menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langgar Undang-undang

Sanit menambahkan menyalakan flare sudah melanggar aturan undang-undang tentang kepemilikan senjata api dan kembang api. Jika terbukti bersalah mereka bisa dikenakan denda sebesar 20.000 baht dan penjara minimal satu tahun hingga 10 tahun kurungan penjara.
Thailand vs Indonesia (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Tindakan tegas ini dilakukan lantaran Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) telah menerbitkan aturan mengenai pelarangan suporter membawa flare selama pertandingan kompetisi domestik maupun internasional. Ini untuk alasan keamanan dan juga sejalan dengan keputusan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) serta Federasi Sepak Bola Asia (AFC).
(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Thailand berisikan pemain sepak bola profesional dengan segudang pengalaman
    Tim Nasional Thailand berisikan pemain sepak bola profesional dengan segudang pengalaman

    Timnas Thailand

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand

  • Piala AFF 2016 adalah ajang olahraga sepakbola yang digelar di Filipina dan Myanmar
    Piala AFF 2016 adalah ajang olahraga sepakbola yang digelar di Filipina dan Myanmar

    Piala AFF 2016

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF