Sukses

Pakai Logo Bunga Poppy, Timnas Inggris Didenda

Timnas Inggris dikenakan sanksi denda 45 ribu frank Swiss

Liputan6.com, Zurich - Timnas Inggris dikenakan sanksi 45 ribu frank Swiss atau sekitar Rp 588 juta oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Sanksi tersebut diberikan menyusul penggunaan lambang bunga Poppy pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018.

Timnas Inggris menggunakan lambang bunga Poppy ketika menghadapi Skotlandia dalam laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Wembley, 12 November lalu. Laga itu dimenangkan The Three Lions dengan skor 3-0.

FIFA juga menjatuhkan sanksi denda kepada Skotlandia, Wales, serta Irlandia Utara untuk perbuatan yang sama. Skotlandia dan Irlandia Utara masing-masing dikenai sanksi denda 20.000 franc Swiss atau sekitar Rp 261 juta. Sementara denda untuk Wales sebesar 15.000 franc Swiss atau sekitar Rp 196 juta.

Sekadar informasi, FIFA melarang penggunaan simbol-simbol politik saat pertandingan sepak bola resmi. Namun, semua tim Inggris Raya membantah telah melanggar aturan itu.

Badan Sepak Bola Inggris (FA) menyatakan akan mengajukan banding atas sanksi denda itu. "Kami mencatat keputusan dari Komite Disiplin FIFA kami niatkan untuk diajukan banding," kata juru bicara FA seperti dikutip AFP, Selasa (20/12/2016).

Para pemain Timnas Inggris dan manajer Gareth Southgate serta para pemain Skotlandia mengenakan pita hitam dengan motif bunga poppy pada 12 November lalu. Pertandingan tersebut bertepatan dengan Hari Gencatan Senjata saat Britania Raya biasa mengenang korban perang candu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini