Sukses

Persiba Balikpapan Bubar Sebelum TSC Berakhir

Persiba Balikpapan sudah memulangkan sebagian pemainnya saat masih menyisakan satu laga.

Liputan6.com, Jakarta Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo telah resmi berakhir. Seiring berhentinya turnamen jangka panjang ini, klub-klub peserta juga ikut membubarkan timnya, termasuk Persiba Balikpapan.

Tim berjuluk Beruang Madu ini bahkan sudah memulangkan para pemainnya sehari sebelum pertandingan terakhir melawan PS TNI, Minggu (18/12/2016). Menurut Manajer Persiba, Bambang Suhendro, itu sebabnya pada pertandingan ini Persiba hanya menurunkan satu pemain asing, Matsunaga Shohei.

Meski demikian, Persiba masih mampu menang dengan skor 2-0. "Pembubaran sudah dilakukan pekan lalu, sebelum melawan PS TNI,” kata Suhendro, Kamis (22/12/2016).

Pengurus resmi menghentikan jasa layanan seluruh pemain Persiba, seperti katering, penginapan, hingga transportasi. Saat itu, Persiba menyisakan kewajiban mengikuti laga tandang terakhir lawan PS TNI.

Usai pertandingan tersebut, Suhendro menambahkan, seluruh pemain kembali ke daerah asalnya masing-masing. Tiga pemain asing lebih dulu pulang, yakni Antonio Teles, Maycon Calijuri, dan Dirkir Khon Glay.

"Jadi pemain yang tidak dibawa langsung pulang ke rumah masing-masing. Begitupun pemain asing juga pulang. Pemain yang lawan PS TNI juga langsung pulang setelah pertandingan,” kata Suhendro.

Sebenarnya, kontrak para pemain masih berlangsung hingga akhir 2016. Namun karena pertandingan sudah tidak banyak, manajemen mempercepat proses pembubaran susunan pemain kompetisi ini.

“Tapi kami putuskan bubarkan saja, karena hanya tersisa satu pertandingan. Karena sudah tidak ada pertandingan lagi setelah lawan PS TNI,” ujarnya.

Saat ini, Suhendro menyusun laporan soal performa seluruh pemain kala masih mengenakan kostum Persiba. Hasil laporan ini menjadi bahan evaluasi pengurus Persiba jelang dibukanya kompetisi Liga Super Indonesia.

"Jadi kami tinggal buat laporan terkait rapor pemain ke manajemen terkait penampilan mereka selama kompetisi,” ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.