Sukses

Mourinho Mulai Temukan Formasi Terbaik MU

MU sempat menemui kesulitan di bawah asuhan Mourinho.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) sempat menemui kesulitan di bawah asuhan Jose Mourinho. Setan Merah --sebutan MU-- sempat menelan empat hasil imbang dari lima pertandingan Liga Inggris pada November 2016.

Ketika itu, Mourinho terlihat kesulitan mencari gelandang bertahan yang pas untuk ditandemkan dengan Paul Pogba. Marouane Fellaini, Ander Herrera, Morgan Schneiderlin, hingga Michael Carrick saling silih berganti menjadi tandem pemain termahal di dunia itu.

Namun, Setan Merah mulai bangkit dengan mencatatkan empat kemenangan beruntun di semua kompetisi pada bulan ini. Menurut legenda MU, Rio Ferdinand, Mourinho mulai bisa menemukan formasi terbaik tim yang bermarkas di Old Trafford tersebut.

"Saya berpikir Mourinho tidak tahu tim terbaiknya untuk sementara waktu. Tetapi, dalam beberapa pertandingan terakhir, Anda melihat dia secara konsisten memainkan tiga gelandang MU, yakni Herrera, Carrick, dan Pogba," ucap Ferdinand, dikutip dari One Football.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Seimbang

Dengan memainkan tiga gelandang, irama permainan Setan Merah mulai seimbang. MU bisa menguasai ball posessesion hingga 54 persen per pertandingan. MU terlihat lebih garang menciptakan peluang dari lini tengah.

Setidaknya, 15 persen serangan Setan Merah musim ini berawal dari lini tengah. "Saya melihat sudah ada keseimbangan yang lebih baik di lini tengah. Semoga MU bisa memulai lebih baik," kata Ferdinand.

Pelatih MU, Jose Mourinho memeluk gelandang Paul Pogba usai pertandingan melawan Crystal Palace di Liga Primer Inggris di stadion Selhurst Park, Inggris, (14/12). MU menang atas Palace dengan skor 2-1. (Reuters/Tony O'Brien)

"Memang lini tengah sempat menjadi masalah dalam hal keseimbangan. Saya pikir, Mourinho sudah menemukan caranya dengan memainkan tiga gelandang."

"Cara ini membuat Paul Pogba lebih leluasa. Pogba jadi lebih bisa menjelajah di lini pertahanan lawan," ucap mantan bek Queens Park Rangers itu mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Mourinho