Sukses

Mengenal Tradisi Boxing Day di Liga Inggris

Boxing Day di Liga Inggris seakan menjadi kado di hari Natal.

Liputan6.com,London - Setiap tahun, tradisi Boxing Day di Liga Inggris selalu menjadi bahan perdebatan. Di saat beberapa liga Eropa libur, Liga Inggris justru harus melakoni laga yang sengit. Inilah alasan mengapa liga ini sangat menarik untuk disaksikan.

Melelahkan pemain, hingga kritik tajam selalu menghampiri tradisi ini. Namun, di situ letak menariknya. Sebab, tak sedikit dari mereka menantikan laga-laga di periode ini.

Banyak yang menganggap juara atau tidaknya sebuah klub di Liga Inggris ditentukan dengan eksistensinya pada laga Boxing Day. Bila sukses melewatinya, maka gelar juara akhir musim diprediksi bakal lebih mudah.

Bek Chelsea, Branislav Ivanovic, terlibat adu mulut dengan bek West Ham, James Collins, saat laga boxing day Premier League di Stadion Stamford Bridge, Inggris, Jumat (26/12/2014). (AFP/Ian Kington)

Istilah Boxing Day sendiri dikenal sejak abad ke-19. Awalnya, tradisi ini dikhususkan untuk para golongan bawah yang bakal merayakan Natal. Mereka dihargai untuk tetap bekerja saat hari istimewa bagi nasrani ini.

Setelah itu, esok harinya mereka mendapatkan hari libur dan menerima berbagai macam hadiah dalam bentuk kotak kado (boxes) dari para majikan. Dari sinilah awal mula muncul istilah Boxing Day.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Kado Natal

Seiring waktu berjalan, FA akhirnya meluncurkan laga Boxing Day. Ini untuk memberikan kado spesial berupa kemenangan untuk para pendukung yang merayakan Natal.

Ada beberapa catatan menarik yang tercipta di Boxing Day. Laga paling tak terlupakan terjadi pada 26 Desember 1963. Ya, kala itu, total bahkan 153 gol tercipta dalam 39 pertandingan yang melibatkan seluruh divisi di Inggris.

Manajer Chelsea, Antonio Conte (kanan) menghampiri anak asuhnya usai The Blues menang 1-0 atas West Bromwich Albion, pada laga lanjutan Premier League 2016-2017, di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (11/12/2016).  (Reuters/John Sible)

So, bagaimana keseruan Boxing Day edisi kali ini? Tentu akan menarik. Apalagi, beberapa klub menjalani laga berat, seperti Chelsea yang akan menjamu AFC Bournemouth untuk kali pertama tanpa juru gedornya, Diego Costa, plus N'Golo Kante.

Perubahan posisi klasemen bisa saja terjadi nanti. menarik dinantikan, bukan?

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Boxing Day

Video Terkini