Sukses

FIFA Siap Perketat Aturan Protes pada Wasit

Liputan6.com, Zurich - FIFA akan membuat terobosan baru soal aturan disiplin pemain. Seperti diketahui, sudah tak aneh jika para pemain sering berkerumun di depan wasit dan meminta agar lawan dihukum seberat-beratnya. Ada juga para pemain yang meminta agar rekannya diberi sanksi ringan.

Kondisi tersebut yang ingin diubah federasi sepak bola dunia itu. Nantinya, cuma kapten tim yang berhak berbicara pada wasit. Dengan begitu, tingkah laku para pemain di lapangan bisa lebih sopan.

"Terlalu banyak pemain yang protes sepanjang laga," kata Kepala Pengembangan Teknis FIFA Marco van Basten seperti dilansir BBC, Sabtu (24/12/2016).

"Saya yakin tingkah laku pemain bisa lebih baik. Kami sedang memikirkan cara agar tingkah mereka kembali ke jalur yang benar," ucap Basten yang baru beberapa bulan bergabung di FIFA.

1 dari 2 halaman

Ikuti Rugby

Aturan yang tengah digodok ini akan mengikuti jejak rugby, dimana cuma kapten tim yang berhak berbicara pada wasit. Aturan itu diharapkan akan mengurangi ketegangan wasit sehingga bisa mengambil keputusan lebih jernih.

"Sepak bola bisa belajar dari olahraga manapun dan begitu pula sebaliknya. Tapi, yang jelas kita harus mengatasi masalah yang ada," ucap mantan pemain Ajax Amsterdam dan AC Milan itu.

"Kami berusaha untuk membuat produk yang apik, dinamis, menarik, tapi juga jujur. Memang ada banyak emosi yang meletup dalam laga, dan hal itulah sisi menariknya. Tapi, di sisi lain, kita juga wajib mengontrol emosi itu," pungkas Basten.