Sukses

Lindungi Wasit, FIFA Bakal Pertegas Aturan

Liputan6.com, Zurich - Banyaknya insiden yang merugikan wasit di lapangan membuat FIFA bertindak. Federasi Sepak Bola Dunia itu akan menerbitkan aturan baru soal perlindungan sang pengadil lapangan.

Selama ini wasit sering menjadi sasaran amuk ketika sebuah tim mengalami kerugian. Tak jarang mereka dikeroyok pemain, ofisial, hingga fans.

Ironisnya insiden itu sering dipicu oleh sikap pemain yang tak menghormati keputusan wasit. Tak hanya satu pemain, terkadang seluruh pemain dalam satu tim mengerubungi wasit untuk memberikan tekanan.

"Ya memang benar terlalu banyak pemain yang mengeluhkan wasit saat pertandingan. Kami berpikir untuk mengembalikan situasi ini seperti sebelumnya, yakni hanya kapten yang boleh mengeluh pada wasit," kata Marco van Basten yang menjabat sebagai Ketua Pengembangan Teknik FIFA seperti dilansir BBC.

"Tidak ada salahnya kami belajar dari rugbi yang sudah tegas menegakkan aturan itu. Ini salah satu cara untuk membantu tugas wasit," kata legenda sepak bola itu menambahkan.

Meski demikian van Basten berjanji aturan baru yang ada tidak akan mengurangi intensitas pertandingan. "FIFA hanya ingin membuat pertandingan menjadi menarik, dinamis, tetapi tetap dalam emosi yang terkontrol."

Artikel Selanjutnya
Blunder Wasit, Tim Ini Bermain dengan 12 Pemain
Artikel Selanjutnya
Ini Kata Persib Soal Insiden Yabes Roni dan Michael Essien