Sukses

Chelsea Kuasai Liga Inggris, Klopp: Mereka Beruntung

Chelsea unggul enam poin atas Liverpool di klasemen Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Banyak pihak yang terkesan dengan penampilan Chelsea di Liga Inggris 2016/2017. Mereka sukses menjaga konsistensi di saat para rivalnya kerap labil. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp pun ikut menyoroti hal tersebut.

Hingga pekan ke-17, seakan tak ada tim yang mampu menyaingi laju kencang Chelsea. Banyak yang menyebut kunci sukses mereka adalah kecerdasan Antonio Conte sebagai pelatih. Conte mengambil keputusan tepat usai The Blues kalah 0-3 dari Arsenal pada pekan keenam.

Keputusan itu terkait dengan perubahan formasi yang dipakai Chelsea. Sejak itu, Chelsea menjadi tim yang gemar memakai formasi 3-4-3. Dengan skema tersebut, tak ada lagi tim yang bisa memaksa Chelsea mengakhiri laga dengan kekalahan.

Namun, bukan hal ini yang dinilai Klopp sebagai kunci kesuksesan Chelsea. Ia justru menilai Chelsea lebih beruntung ketimbang para rivalnya. Bukan soal kemenangan, keberuntungan Chelsea terkait masalah cedera pemain.

"Saya cukup yakin sampai saat ini Chelsea mungkin tim yang paling beruntung dengan cedera. Kami kehilangan Phil (Coutinho) dan Daniel (Sturridge). Mereka sama seperti (Eden) Hazard dan (Diego) Costa di Chelsea," kata Klopp seperti dilansir The Guardian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Sosok Penting



Ya, Hazard dan Costa adalah pemain penting dalam skema 3-4-3 yang diterapkan Conte. Costa saat ini sudah mengoleksi 13 gol dan lima assist dari 17 laga Liga Inggris. Sementara Hazard mengoleksi delapan gol dari 16 laga.

Eden Hazard dan Diego Costa (EPA/Facundo Arrizabalaga)

Berkat kehadiran mereka, Chelsea pun melewati 11 laga terakhir Liga Inggris dengan rekor kemenangan 100%. Bahkan, mereka hanya kebobolan dua gol dan sanggup menceploskan 25 gol. Faktor lain yang membantu Chelsea adalah absennya mereka dari kompetisi Eropa.

"Tak ada sistem yang sempurna di dunia sepak bola. Tapi, ketika mereka terus seperti ini, mereka layak menjadi juara. Tak seorang pun bisa memiliki keraguan tentang hal ini," jelas Klopp.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Jurgen Klopp