Sukses

Bonek Gelar Long March Bela Persebaya

Bonek gelar long march yang juga jadi pemanasan jelang demo di kongres tahunan PSSI di Bandung nanti.

Liputan6.com, Surabaya - Ribuan supporter Persebaya Surabaya yang akrab disebut Bonek menggelar long march dengan tajuk 'Parade Bela Persebaya' pada Senin (26/12/2016). Selain menyanyikan yel yel, setiap perwakilan bonek yang datang juga beradu kreativitas.

Ada yang menarik dari puluhan kreativitas yang mereka tunjukkan. Yakni, mereka membawa patung piala berwarna emas. Tepat di depannya, terpampang sejumlah foto legenda Persebaya Surabaya. Diantaranya Rusdi Bahalwan, Bejo Sugiantoro, Anang Ma'ruf, Uston Nawawi, Andik Vermansyah serta M Taufik.

Tepat pukul 09.30 Wib, mereka mulai berjalan kaki dari Jalan Pahlawan depan Kantor Gubernur Jawa Timur. Mereka berjalan kaki sejauh 4 KM menuju Balai Kota Surabaya. Yang menarik lagi, aksi jalan kaki mereka juga diikuti oleh Kapolrestabes Surabaya, Kombespol M Iqbal beserta jajarannya.

Andi Peci, korlap aksi mengatakan, Parade Bela Persebaya ini merupakan bentuk aksi soft agar aksi turun ke jalan para bonek bisa diterima oleh semua masyarakat. Mereka sengaja melakukan ini juga sebagai bentuk pemanasan untuk aksi mereka selanjutnya yaitu aksi gruduk bandung. "Gruduk Bandung akan kami lakukan pada saat kongres PSSI digelar," sebutnya.

Andi menambahkan, aksi ini juga sebagai pengingat bahwa perjuangan arek arek bonek bukanlah perjuangan yang biasa biasa saja. Sebab menurutnya, bonek sudah melakukan perjuangan mulai tahun 2013.

"Kami kembali mengingatkan kepada PSSI. Agar hak hak Persebaya kembali diberikan. Yaitu Persebaya kembali diakui dan dapat berlaga di kompetisi yang digelar PSSI," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berjalan Tertib

Sementara itu, Polrestabes Surabaya sendiri menerjunkan 4.000 personil. Baik dalam bentuk pengamanan terbuka maupun tertutup.

"Kami diback up oleh rekan rekan Brimob Polda Jatim untuk pengamanan terbuka. Untuk yang tertutup, tentunya dari reserse dan intel," papar Kombespol M Iqbal.

Kendati cuaca Kota Surabaya saat Parade Bela Persebaya tersebut terik dan panas. Namun, lebih dari 5.000 bonek tersebut melakukan longmarch dengan tertib. Apalagi, Kapolrestabes Surabaya Kombespol M Iqbal turut serta ditengah tengah mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.