Sukses

Boxing Day, Liverpool Raja Umpan di Liga Inggris

Jelang Boxing Day, Liverpool catatkan nama sebagai raja umpan di Liga Inggris.

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool bisa dibilang tengah dalam performa yang sangat cemerlang di Premier League musim ini.  Jelang menghadapi laga Boxing Day melawan Stoke City pada Selasa (27/12/2016), mereka tercatat menjadi raja umpan di antara empat besar klub Premier League lain sejauh ini.

Tangan dingin Juergen Klopp tampaknya mulai terasa di kubu Merseyside merah. Betapa tidak, sejauh ini,  Liverpool sukses duduk dengan nyaman di posisi kedua dengan raihan 37 poin.

Mereka hanya tertinggal enam angka dari pemuncak klasemen sementara, Chelsea. Namun, ada fakta yang gemilang lainnya di balik performa ini.

Ya, mereka menjadi tim yang paling banyak membuat umpan di Premier League musim ini. Sejauh ini, mereka berhasil membuat 10144 umpan dalam 17 laga.

Hal ini tentu lebih baik. Bahkan, mereka mengungguli Manchester City dengan Pep Guardiola yang dikenal menerapkan strategi penguasaan bola. The Citizens sendiri hanya mampu mengoleksi 9570 umpan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jauh Ungguli Chelsea

Chelsea yang sementara ini memimpin klasemen sementara saja hanya membuat 8628 umpan. Sedang Arsenal, telah membuat 9072 umpan.

Bahkan, dari 10144 umpan, 8506 di antaranya diselesaikan secara sukses. Mereka juga membuat 216 umpan kunci yang berbuah gol.

Menurut catatan opta dan Squawka, hal ini berbanding lurus dengan performa The Reds dalam hal penyerangan. Total, mereka membuat 306 tembakan ke gawang, dengan 52% di antaranya akurat.

Dari catatan itu pula, Liverpool juga berhasil membuat 247 peluang matang di depan gawang. Tentu, hilirnya berbuah 41 gol yang sudah dicetak mereka sepanjang 17 laga awal ini. Catatan gol itu, juga sementara jadi yang terbanyak di antara seluruh klub Premier League.

Hanya saja, mereka memang lemah dalam hal pertahanan. The Reds harus sudah kemasukan 20 gol dalam 17 laga yang tentunya jadi catatan bagus bagi Klopp jelang bursa transfer Januari nanti.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Boxing Day