Sukses

Prestasi Cemerlang Nakamoto Bersama Honda di MotoGP

Nakamoto akan meletakkan jabatannya di Honda Racing Corporation (HRC) akhir tahun ini.

Liputan6.com, Tokyo- Shuhei Nakamoto akan meletakkan jabatannya sebagai Wakil Presiden Honda Racing Corporation (HRC) pada akhir tahun ini. Tapi pria berusia 59 tahun tersebut akan tersenyum lebar ketika melangkah ke luar garasi tim pabrikan Jepang.

Menurut statistik yang dihimpun dari Speedweek, Selasa (27/12/2016), Honda adalah prosuden motor paling banyak meraih gelar juara dunia dalam sejarah gelaran balap motor dengan total 65 sejak 1960.

Kompetitor mereka yakni Yamaha mengekor di urutan kedua dengan total 38 kali juara dunia. Melihat statistik tersebut, ini bisa dijadikan sebagai kado istimewa buat Shuhei Nakamoto yang akan mengakhiri masa baktinya bersama Honda.

Nakamoto sendiri merupakan sosok di balik kesuksesan HRC. Dia sudah bekerja di Honda sejak 1983, dan ia tidak hanya menangani kejuaraan balap motor saja. Tapi Nakamoto juga pernah merasakan atmosfer Formula 1 sejak 2006 sampai 2008.

Salah satu yang paling membahagiakan buat Nakamoto adalah merasakan gelar juara dunia Marc Marquez pada 2013 lalu. Diakhir masa jabatannya, Si Bayi Alien pun berhasil memberikan kado perpisahan yang tak bisa dilupakan oleh Nakamoto.

Berikut adalah lima produsen pemilik gelar juara dunia terbanyak sepanjang masa:

1. Honda (65)
2. Yamaha (38)
3. MV Aguasta (37)
4. Aprilia (19)
5. Suzuki (15)

(David Permana)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.