Sukses

3 Alasan Kuat Ibrahimovic Bakal Hengkang dari MU

Zlatan Ibrahimovic telah memenangi liga di Belanda, Italia, Spanyol, dan Prancis.

Liputan6.com, Manchester - Zlatan Ibrahimovic mampu membuktikan dirinya sebagai pemain bintang. Sejak bergabung dengan Manchester United (MU) di bursa transfer musim panas 2016 lalu, Ibrahimovic tampil cemerlang dengan menunjukkan dirinya adalah striker haus gol.

Terakhir, Ibrahimovic mencetak gol ke gawang Sunderland, saat MU menang telak 3-1 di laga Boxing Day. Sebelumnya, Ibra sudah mencetak 11 gol dari 16 penampilan bersama klub berjuluk Setan Merah itu di Liga Inggris.

Ibrahimovic adalah salah satu pemain yang sering menghiasi sejarah sepak bola. Sejak membuat debut profesional, Ibrahimovic telah bermain untuk delapan klub berbeda, di antaranya AC Milan, Juventus, Ajax, Barcelona, PSG dan, terakhir, Manchester United.

Ibra telah mencetak 408 gol di semua kompetisi dari 702 penampilan. Saat ini, dia sudah membuat 62 gol internasional dan 116 caps.

Zlatan Ibrahimovic telah memenangi liga di Belanda, Italia (dengan tiga klub berbeda), Spanyol dan Prancis. Sekarang, dia mengalihkan perhatian ke Liga Inggris.

Ibrahimovic sempat diragukan bisa tampil kompetitif di Liga Inggris karena usianya sudah mendekati 35 tahun di awal musim ini. Namun, eks striker timnas Swedia itu telah membuktikan kapasitasnya sebagai striker kelas dunia.

Ibrahimovic hijrah ke Old Trafford dari Paris Saint-Germain (PSG) dengan status bebas transfer. Dia hanya dikontrak MU satu musim.

Namun, manajer MU Jose Mourinho memastikan Manchester United akan mempertimbangkan untuk memperpanjang kontrak Ibrahimovic. Dengan kontrak tersebut, Ibrahimovic akan bertahan di Manchester United satu musim lagi.

Namun, belakangan beredar kabar pemain asal Swedia ini tengah mempertimbangkan angkat kaki dari MU jika gagal menjuarai Liga Inggris 2016-2017. Berikut beberapa alasan kuat yang bisa membuat Zlatan Ibrahimovic bisa hengkang dari MU:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suka Tantangan

Ibrahimovic tidak pernah menetap terlalu lama di satu tempat. Empat tahun adalah masa terpanjang di  PSG. Dia tampaknya seperti seorang individu kreatif yang menyukai tantangan. Sekali mencapai tujuannya itu, dia langsung mencari yang baru.

Ibrahimovic bergabung ke PSG pada Juli 2012, dengan nilai transfer 15,7 juta pounds. Ibrahimovic membantu PSG meraih tiga gelar Ligue 1 lainnya secara beruntun pada musim 2013-2014, 2014-2015, dan 2015-2016.

Selain itu, pemain berpostur 195 cm itu juga sukses mempersembahkan dua trofi Copa Prancis, tiga trofi Piala Liga Prancis, dan 3 trofi Piala Super Prancis.

Usai tampil di Piala Eropa 2016, Ibrahimovic memutuskan hengkang karena kontraknya tak diperpanjang PSG. Selama empat tahun di PSG, Ibrahimovic memenangi liga setiap musim. Jadi sudah waktunya untuk mencari lagi tantangan baru. 

3 dari 4 halaman

Haus Gelar

Ibrahimovic telah memenangkan liga di empat negara berbeda, jika ia bisa memenangkan Liga Inggris, ini adalah gelarnya yang kelima. Ketika José Mourinho mengambil pekerjaan jadi manajer MU, dia tahu punya pekerjaan besar untuk membangun kembali kejayaan tim ini.

Karena itu, Mourinho mengajak Ibrahimovic berjuang bersama di Old Trafford. Alasannya, Ibrahimovic pernah bermain untuk Special One di Milan, dan pelatih asal Portugal ini sering menyatakan kekagumannya.

Ibrahimovic mengungkapkan, ia sempat menolak kesempatan bergabung dengan MU. Namun tidak berpikir dua kali ketika menerima panggilan dari  Mourinho di musim panas lalu.

4 dari 4 halaman

Proyek Pensiun

Ada beberapa spekulasi bahwa Zlatan akan menuju ke Amerika Serikat setelah sebagian besar pemain yang akan mengakhiri kariernya bermain di kompetisi negara itu. Sebut saja David Beckham, Steven Gerrard dan Frank Lampard.

Pindah ke klub AS dipandang sebagai proyek pensiun oleh banyak penggemar dan pakar terutama karena Major League Soccer (MLS) adalah liga yang masih berkembang.

Pemain-pemain seperti Beckham, Gerrard dan Lampard saat kariernya mereda, mereka pindah ke AS untuk bermain dengan klub LA Galaxy dan New York City FC.

Bahkan, rekan setim Ibrahimovic, Bastian Schweinsteiger, bisa menuju ke MLS setelah terdepak dari tim pertama Mourinho. Sedangkan, Ibrahimovic kabarnya ingin bergabung dengan LA Galaxy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.