Sukses

Clattenburg Terpilih Jadi Wasit Terbaik Dunia Tahun Ini

Liputan6.com, Dubai - Mark Clattenburg dinobatkan sebagai Wasit Terbaik Dunia dalam Globe Soccer Awards, Selasa (27/12/2016) lalu. Wasit asal Inggris itu dianggap memiliki penampilan luar biasa sepanjang 2016.

Clattenburg memiliki kesempatan memimpin tiga pertandingan final besar selama 2016. Selain Piala FA antara Manchester United melawan Crystal Palace, Clattenburg juga berada di tengah lapangan saat pertandingan Liga Champions antara Real Madrid melawan Atletico Madrid. Satu pertandingan lainnya adalah laga final Piala Eropa 2016 di Prancis.

Selain dari keterlibatannya dalam pertandingan, Clattenburg juga menunjukkan kemampuan luar biasa untuk mengendalikan permainan, tanpa peduli keadaan. Dia wasit yang bertugas saat hooligan Kroasia melempar flare ke lapangan pada laga antara Republik Ceko dan Kroasia di Piala Eropa 2016 lalu.

Dalam kejadian itu, Clattenburg melakukan sesuatu yang tepat, dengan bertindak cepat dan menjauhkan pemain dari flare yang terbakar. Ia lalu menunda pertandingan selama beberapa menit.

Pemenang lainnya dalam Globe Soccer Award ini adalah Fernando Santos, pelatih yang memimpin Portugal menjuarai Piala Eropa 2016. Real Madrid memborong banyak penghargaan untuk acara ini.

1 dari 2 halaman

Penghargaan Lain

Selain dinobatkan sebagai klub terbaik tahun ini setelah meraih trofi Liga Champions, sang Presiden Florentino Perez juga diklaim sebagai presiden terbaik. Diikuti Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik.

Sementara, pelatih Paris Saint Germain, Unai Emery diberikan penghargaan khusus oleh Presiden FIFA Gianni Infantino. Global Sepak Bola Award ini sendiri diadakan di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 27 dan 28 Desember.

Artikel Selanjutnya
Piala Konfederasi: Chile Berjanji Hadang Portugal
Artikel Selanjutnya
Mantan Penyerang Badung Inter Milan Betah di Prancis