Sukses

Setelah Pemain, Liga Super Tiongkok Bidik Wasit Kelas Dunia

Clattenburg bakal ditawari jabatan Kepala Komisi Wasit.

Liputan6.com, Beijing - Liga Super Tiongkok tak hanya memburu pemain dan pelatih kelas dunia untuk musim depan. Kabarnya, operator liga di Negeri Tirai Bambu itu membidik wasit kenamaan Liga Inggris, Mark Clattenburg.

Pada beberapa tahun belakangan sepak bola Tiongkok memang diguncang skandal pengaturan skor dan penyuapan. Itu sebabnya, mereka ingin memperbaiki citra tersebut dengan mendatangkan wasit asing.

Kebetulan, Clattenburg memenuhi standar wasit kelas dunia dan punya reputasi baik. Terlebih wasit berusia 41 tahun itu baru saja menerima penghargaan sebagai wasit terbaik tahun ini versi Globe Soccer.

Jika mau menerima tawaran dari Liga Super Tiongkok, Clattenburg akan langsung diberi posisi sebagai Ketua Komisi Wasit. Meski bukan tak mungkin ia juga akan turun sebagai pengadil lapangan.

Clattenburg mencapai puncak kariernya pada tahun ini. Ia mendapat kesempatan untuk memimpin laga final Piala FA, Liga Champions, dan Piala Eropa 2016.

Sebelumnya mantan wasit kenamaan Inggris, Howard Webb juga mendapat tawaran yang sama dari MLS. Namun ia menolak dan lebih memilih menjadi kolumnis di media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.