Sukses

Rencana FIFA Tambah Peserta Piala Dunia Tuai Dukungan

Liputan6.com, Dubai - Presiden FIFA, Gianni Infantino mengklaim idenya untuk menambah peserta Piala Dunia menuai dukungan dari mayoritas federasi. Ia percaya keputusan besar bakal diumumkan dalam waktu dekat.

Saat ini peserta Piala Dunia berjumlah 32 negara. Namun Presiden FIFA yang baru, Gianni Infantino mengusulkan tambahan 16 tim yang akan dimulai pada Piala Dunia 2026.

Ia menilai bertambahnya kontestan akan membuat negara kecil berpeluang turun di Piala Dunia. Selain itu ia percaya jumlah pertandingan yang bertambah akan membuat persaingan semakin ketat.

Rencananya 48 kontestan akan dibagi dalam 16 grup. Masing-masing grup terdiri dari tiga kontestan dan dua teratas akan lolos ke babak selanjutnya.

"FIFA masih mempertimbangkan bakal menambah peserta menjadi 40 atau 48. Yang jelas durasi turnamen bakal tetap sama seperti sekarang," ujar Infantino seperti dilansir ESPN.

"Saya pikir ide ini mendapat banyak dukungan dari mayoritas anggota FIFA. Satu yang pasti keputusan menambah peserta bukan karena mencari keuntungan, tetapi untuk mengembangkan sepak bola," kata Infantino.