Sukses

Jutaan Dolar di Penghujung Karier Carlos Tevez

Liputan6.com, Jakarta - Uang, uang, dan uang. Di penghujung kariernya, striker Argentina Carlos Tevez mengejar pundi-pundi uang jutaan dolar hingga ke Tiongkok. Ia bergabung dengan klub kaya Shanghai Shenhua.

Kepindahan pemain 32 tahun itu sudah diumumkan oleh Boca Juniors dan Shanghai. "Shanghai Shenhua FC dan Boca Juniors telah mencapai kesepakatan transfer, Carlos Alberto Tevez resmi bergabung dengan Shanghai Shenhua," demikian bunyi pernyataan Shanghai.

Tevez sebenarnya baru kembali memperkuat Boca tahun lalu. Selama satu tahun ini, ia memenangi dua trofi bersama Boca. "Good luck, Carlitos. Kamu akan selalu ada di hati kami," pesan Boca dalam pernyataannya terkait transfer Tevez seperti dikutip dari Soccerway.

Dengan bergabung ke Shanghai, Tevez menjadi pesepak bola dengan gaji yang sangat tinggi. Striker berusia 32 tahun itu mendapat bayaran gaji 650 ribu pounds (sekitar Rp 10 miliar) per pekan.

Total, Tevez akan menerima bayaran 34,4 juta pound sterling per tahun. Jumlah ini jauh mengungguli dua pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Keduanya hanya mendapat bayaran 19 juta pound sterling per tahun di klub masing-masing.
Carlos Tevez ke Shanghai Senhua
Kekuatan uang yang ditawarkan Liga Tiongkok memang luar biasa. Klub-klub di sana berani mengeluarkan gaji selangit demi merekrut pemain bintang.

Maka tak heran, di penghujung kariernya, Tevez tak berpikir dua kali untuk pindah ke Tiongkok. Ia tentu ingin mendapatkan pundi-pundi uang sebanyak mungkin sebelum gantung sepatu.
Striker Argentina Carlos Tevez REUTERS/Marcos Brindicci)
Sebelum Tevez, ada beberapa pemain bintang lain yang lebih dulu pindah ke Tiongkok. Mereka adalah Ramires, Hulk, Graziano Pelle dan Oscar. Nama terakhir tentu paling mengejutkan.

Sebab, usia Oscar masih 25 tahun dan punya masa depan cerah di Eropa. Namun, ia lebih mengejar gaji selangit di Tiongkok.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, mengaku kaget dengan transfer Oscar. "Ya, saya terkejut. Pada dasarnya ketika Anda menjadi pemain sepak bola, Anda memang akan mempertimbangkan kualitas kompetisi dan jumlah gaji Anda," kata Wenger dalam laman Sky Sports.

"Saya pikir Oscar pindah karena dia jarang dimainkan di Premier League dan Tiongkok memberi dia kesempatan yang sangat bagus. Saat ini, mereka menginvestasikan banyak uang," ujar Wenger.

"Apakah di masa depan ini akan menjadi masalah bagi Premier League? Ya, bisa menjadi salah satu faktor," tuturnya lagi.
Carlos Tevez (Daily Mail)
Berikut 10 pemain dengan bayaran termahal di dunia:

1. Carlos Tevez (Shanghai Shenhua) 34,4 juta poundsterling per tahun

2. Oscar (Shanghai SIPG) 20,8 juta poundsterling per tahun

3. Cristiano Ronaldo (Real Madrid) 19 juta poundsterling per tahun

3. Lionel Messi (Barcelona) 19 juta poundsterling per tahun

5. Gareth Bale (Real Madrid) 18 juta poundsterling per tahun

6. Hulk (Shanghai SIPG) 16,5 juta poundsterling per tahun

7. Paul Pogba (Manchester United) 15 juta poundsterling per tahun

8. Neymar (Barcelona) 15 juta poundsterling per tahun

9. Graziano Pelle (Shandong Luneng) 13,5 juta poundsterling per tahun

9. Wayne Rooney (Manchester United) 13,5 jutapoundsterling per tahun

Artikel Selanjutnya
Terungkap, Gaji James Rodriguez di Munchen
Artikel Selanjutnya
Manchester City Naikkan Tawaran untuk Eks Bek MU