Sukses

3 Pemain Indonesia Paling Menonjol Sepanjang 2016

Sepak bola Indonesia sepanjang 2016 ini mengalami perjalanan yang panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola Indonesia sepanjang 2016 ini mengalami perjalanan yang panjang. Mulai dari tak jelasnya masa depan, berakhir manis dengan timnas Indonesa menjadi runner-up Piala AFF 2016.

Tentu, dari perjalanan panjang ini, Indonesia dibumbui oleh aksi para penggawanya. Ya, mereka berhasil menjadi warna di balik bergeloranya kembali sepak bola Tanah Air.

Mulai dari ajang Torabika Soccer Championship  yang melibakan klub-klub terbaik Indonesia hingga Piala AFF yang dilakoni timnas Indonesia. Mereka, para pemain, berjibaku untuk meraih prestasi terbaik.

Untuk itu, Liputan6.com mencoba menyajikan tiga pemain Indonesia terbaik  2016 ini. Tolok ukurnya tentu bukan hanya bersama timnas, melainkan torehannya sepanjang tahun ini.

Berikut adalah daftar tiga pemain Indonesia terbaik sepanjang 2016:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Boaz Solossa

Boaz menjalani 2016 ini dengan sangat indah. Betapa tidak, dia sukses membawa Persipura Jayapura juara Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 ini.

Boaz Solossa (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Selain itu, pemain 30 tahun tersebut juga jadi salah satu sosok di balik kecermelangan timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2016. Dalam turnamen itu, dia sukses mengemas tiga gol.

Bila ditotal, gol Boaz untuk timnas sepanjang 2016 ini menjadi enam gol. Dia menjad top skorer timnas pada 2016 ini.

Pada level klub, Boaz juga menjadi salah satu pemain Indonesia yang mencetak gol terbanyak. Dia mencetak 11 gol, dan hanya kalah dari Sergio van Dijk, 12 gol.

3 dari 4 halaman

Andik Vermansah

Andik juga jadi salah satu yang disorot sepanjang 2016 ini. Sebab, dia jadi salah satu pemain yang sukses berkompetisi di luar negeri.
Andik Vermansah (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pemain mungil tersebut berhasil membawa Selangor FA ke final Piala Malaysia secara dua kali beruntun. Andik juga masuk nominasi pemain asing terbaik Malaysia 2016.

Bersama timnas, mantan pemain Persebaya Surabaya tersebut juga cukup apik. Dia mencetak satu gol dan satu assist di Piala AFF 2016. Andik juga jadi salah satu sosok pemain yang membawa Indonesia ke final Piala AFF 2016.

4 dari 4 halaman

Hamka Hamzah

Hamka memang tak masuk dalam skuat Piala AFF 2016. Ini karena Alfred Riedl dihadapkan dengan kuota maksimal dua pemain per klub. Arema FC sendiri sudah menyumbangkan Kurnia Meiga dan Benny Wahyudi ke timnas.
Hamka Hamzah (Liputan6.com / Rana Adwa)
Akan tetapi, Hamka cukup sukses pada 2016 ini. Dia menjadi salah satu bek tertajam di Indonesia. Total dia mengemas 9 gol untuk Arema di TSC 2016 lalu,

Belum lagi, dia mengemas sukses bersama Arema. Pertama membawa Singo Edan juara Bhayangkara Cup, kemudian meraih runner-up TSC 2016 ini

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini