Sukses

Forlan: Formasi 3-4-3 Chelsea Tidak Penting

Chelsea sedang terbang tinggi di Liga Inggris. The Blues meraih 12 kemenangan beruntun.

Liputan6.com, London - Mantan bomber Atletico Madrid Diego Forlan menilai formasi yang 3-4-3 yang digunakan Manajer Antonio Conte bersama Chelsea sebenarnya tidak memegang peranan penting dalam kesuksesan The Blues musim ini. Yang terpenting, kata Forlan, adalah kerja keras Diego Costa dan kawan-kawan di lapangan.

“Saya tidak percaya obsesi taktis yang menempati begitu banyak ruang di media. Sepak bola adalah permainan sederhana dan yang paling penting, dalam formasi apapun, para pemain melakukan pekerjaan mereka. (Kesuksesan Chelsea) bukan soal formasi yang mereka mainkan,” tulis Forlan dalam The National.

“Semua formasi memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi tidak akan bekerja tanpa keajaiban pemain. Sistem, pelatih dan direktur atau presiden klub tidak memenangkan pertandingan. Pemain yang melakukannya, mereka adalah satu-satunya yang dapat membuat perbedaan signifikan ketika permainan dimulai,” Forlan menambahkan.

Chelsea sedang terbang tinggi di Liga Inggris. The Blues meraih 12 kemenangan beruntun. Alhasil, Chelsea saat ini bertengger di puncak klasemen dan unggul enam angka atas Liverpool di posisi dua.

“Saya tahu orang-orang akan memilih Diego Costa atau Pedro atau Eden Hazard, tapi apa yang Conte lakukan adalah menciptakan tim terbaik."

“Dia melakukannya di Juventus, di mana mereka membangun pertahanan brilian, dengan kemampuan serangan balik yang bagus. Conte mengingatkan saya akan Mourinho dengan cara ini, yang juga berbagi karakteristik yang sangat intens," Forlan mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.